PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI SIKAP SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIANYAR )
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design yang bertujuan untuk meneliti pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD dengan sikap siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada kelas X SMA Negeri 1 Gianyar. Penelitian ini melibatkan 198 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil secara random sampling. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes prestasi belajar ekanomi dan data sikap siswa pada pelajaran ekonomi dikumpulkan dengan mengunakan kuesioner. Kedua instrumen telah divalidasi sebelumdikenakan pada sampel penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Varian (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey.
Berdasarkan analisis data, ditemukan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (FA=22,534 dengan P < 0,05). (2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan sikap siswa terhadap prestasi belajar ekonomi (FAB=129,909 dengan P < 0,05. (3) terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki sikap positif pada pelajaran ekonomi (Q = 20,124 dengan P < 0,05). (4) terdapat perbedaan secara signifikan prestasi belajar ekonomi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki sikap negatif pada pelajaran ekonomi(Q = -8,082 dengan P < 0,05).
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, maka sikap siswa pada pelajaran ekonomi perlu dipertimbangkan.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Sikap, dan Prestasi belajar.
ABSTRACT
This research applied experiment design of posttest – only control group, with the objective to determine the effect of cooperative learning model jigsaw type and STAD type as well as student’ attitude on economic learning on the students’ economic learning achievement at students of grade X of SMA N 1 Gianyar in academic year 2011/2012. This research involves 198 students as research subjects taken by using random sampling technique. Data on learning achievement were obtained through administering economic achievement test, and economic learning attitude data were collocted through conducting attitude questioner. Both instruments have been validated prior applied to the research samples. Next, the data obtained were analyzed by ANAVA ( Analysis of Variants) 2 ways with F test, which was followed by Tukey test.
Based on data analysis, it was found as fallows . (1) There was a significant difference in the economic learning achievement between students who attended cooperative learning model jigsaw type and STAD type with those who attended conventional model ( FA = 22,534 with p < 0,05). (2) There was significant interaction effect between the implementation of learning model and students’ attitude on the students’ economic learning achievement (FAB = 129,909 with p < 0,05). (3) There was significant a difference in the economic learning achievement between students who attended cooperative model and those who attended conventional teaching model for students who had positive attitude (Q= 20,124 with p < 0,05). (4) There was a significant difference in the economic learning achievement between students who attended cooperative learning model and those who attended conventional teaching model for students who had negative attitude (Q = 8,082 with p < 0,05).
Based on findings , it could be concluded that cooperative learning model has a great effect on the economic learning achievement . The implementation of cooperative learning model could increase the economic learning achievement. To get a better result the student’ attitude on economic learning should be taken into consideration .
Key Words : Cooperative Learning, Attitude, Learning Achievement
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.