PENGARUH PENDEKATAN PROSES BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS RESENSI BUKU FIKSI BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN EVALUASI DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 GIANYAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Dewa Ayu Made Suryani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menulis resensi buku fiksi antara  siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses berbantuan  asesmen portofolio elektronik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses konvensional, (2) perbedaan hasil belajar menulis resensi buku fiksi antara siswa yang memiliki kemampuan evaluasi diri tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan evaluasi diri rendah, (3) pengaruh interaksi  antara pembelajaran pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik dengan kemampuan evaluasi diri terhadap hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia, (4) pada siswa yang memiliki kemampuan evaluasi diri tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar menulis resensi buku fiksi antara siswa  yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses konvensional, dan (5) pada siswa yang memiliki kemampuan evaluasi diri rendah, terdapat perbedaan hasil belajar menulis resensi buku fiksi antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proses konvensional.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 128 orang yang dipilih dengan menggunakan random sampling dengan teknik undian untuk memilih kelas. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) satu jalur dan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji-F.

Hasil penelitian ini menunjukkan. (1) hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik lebih tinggi daripada pendekatan proses konvensional. Hasil analisis di dapat F = 4,622 dan nilai sig = 0,000, yang berarti bahwa nilai sig<0,05. (2) hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia yang memiliki kemampuan evaluasi diri tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan evaluasi diri rendah dengan F-hitung = 64,426 dengan p<0,05, (3) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan evaluasi diri siswa terhadap hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia. (FhitungAB = 47,993>Ftabel = 3,92 dengan p<0,05), (4) Rata-rata hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik lebih tinggi daripada pendekatan proses konvensional yang memiliki kemampuan evaluasi diri tinggi  dengan hasil analisis di dapat Qhitung = 10,177  dan Qtabel = 2,89, yang berarti bahwa nilai Qhitung > Qtabel, dan (5) Rata-rata hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik lebih rendah daripada pendekatan proses konvensional yang memiliki kemampuan evaluasi diri rendah  hasil analisis di dapat Qhitung = -5,877  dan Qtabel = 2,89, yang berarti bahwa nilai Qhitung > Qtabel. Jadi pendekatan proses berbantuan asesmen portofolio elektronik berpengaruh terhadap hasil belajar menulis resensi buku fiksi bahasa Indonesia siswa ditinjau dari kemampuan evaluasi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gianyar tahun pembelajaran 2011/2012.

 

Kata-kata kunci:     Pendekatan Proses Berbantuan Asesmen Portofolio Elektronik, Pendekatan Proses Konvensional, Kemampuan Evaluasi Diri, Hasil Belajar Menulis Resensi Buku Fiksi Bahasa Indonesia



ABSTRACT

This research aimed at (1) the differences of students achievement in writing review Indonesian fiction books compare with the students who given conventional approach in learning. (2) The difference achievements between the students who have higher ability of self evaluation with lower ones. (3) The influenza interaction of the electronic.Portofolio assessment approach to the students result of writing of review Indonesian books.(4) For student who have higher ability of self evaluation here are different significant result of using electronic portofolio assessment to the student taught by using conventional approach. (5) Student with lower ability of self evaluation, there are different result of writing review fiction books to the student who taught by using electronic portofolio assessment with student taught by using conventional approach.

The research uses experimental design posttest control group design. The sample of this research consist of 128 student which are chosen by simple random sampling to assign by lot to choose classroom. The data gained and formulated by using analyzis varians (ANAVA) two tracks through evaluation  F.

The result of this research indicates: (1) the averages achievement of writing review Indonesian fiction books which is taught by using electronic portofilio assessment get higher mark than the student who taught by conventional approach  the result analyzis F is = 4,622 and value sig = 0,000 which means that value sig < 0,05. (2) the student achievement in writing review Indonesian fiction books is better fot the student who have higher self evalution than the student’s who have lower ones F = 64,426 to P < 0,05. (3) There is an influent interaction between learing approach and ability of self evaluation to the result of student achievement in writing review Indonesian fiction books (FAB = 47,993) Ftable = 3,92 to P (0,05).  (4) The average of students achievement in writing review books with the use of electronic portofolio assessment get higher than the conventional approach  with the result analyzis is Qhit = 10,177 and value Qtable = 2,89 which means value Qhit > Qtable. (5) The average result of writing review Indonesia fiction books to the students taught by using electronic portofolio assessment get lower achievement than. The conventional approach which have lower ability self evaluation  the analyzis result is Qhit = -5,877 and value Qtable = 2,89 which means value Qhit > Qtable. Based on above findings research, it can be concluded that the influence of the electronic portofolio assesment significant influence the students’  achievement in writing review Indonesia fiction books.

 

Key words: “Electronic Portofolio Assessment,Conventional Approach, Ability of self  evaluation” Achievement in writing review Indonesian fiction books.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.