PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ASESMEN KINERJA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SINGARAJA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris dan efikasi diri siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK N 1 Singaraja yang berjumlah 413 orang. Sample pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposif yang mengambil sample siswa kelas XI UPW. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan ”posttest-only control group design”. Data penelitian tentang kemampuan berbicara Bahasa Inggris dikumpulkan dengan menggunakan rubrik penilaian kinerja dan data tentang efikasi diri dikumpulkan dengan kuesioner efikasi diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan one way Multivariate Analysis of Variance.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berbicara Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, ini ditunjukan oleh harga F sebesar 23,952 yang signifikan pada taraf signifikansi 0,05. (2) terdapat perbedaan efikasi diri antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, ini ditunjukan oleh harga F sebesar 43,739 yang signifikan pada taraf signifikansi 0,05. (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dan efikasi diri antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, ini ditunjukan oleh harga F hitung = 21,81031 lebih besar daripada F tabel = 19,48 pada taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan temuan tersebut disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris dan efikasi diri baik secara sendiri maupun simultan. Sehingga, disarankan agar guru-guru Bahasa Inggris dalam usaha meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris dan efikasi diri siswa mengoptimalkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual.
Kata-kata kunci: pendekatan pembelajaran kontekstual, kemampuan berbicara, efikasi diri .
ABSTRACT
The purpose of this research is to know and to describe the influence of learning approach on English speaking skill and self-efficacy of student of SMK Negeri 1 Singaraja. The population of this research is 413 students of eleventh grade of SMK Negeri 1 Singaraja. The sample of this study is eleventh grade of UPW using purposive sampling method. This quasi experiment research used posttest-only control group design. The English speaking data were collected by oral speaking test using performance assessment rubric and self-efficacy data were collected by self-efficacy questionnaire. The data were analyzed by using One Way Multivariate Analysis of Variance (Manova).
The findings showed that: (1) there was difference of English speaking skill between students treated under performance assessment-based contextual learning approach and those treated under conventional learning approach, it was indicated by the value of F = 23,952 which was significant at 0,05 significance level. (2) there was difference of self-efficacy between students treated under performance assessment-based contextual learning approach and those treated under conventional learning approach, it was indicated by the value of F = 23,952 which was significant at 0,05 significance level. (3) Simultaneously, there was difference of English speaking skill and self-efficacy between students treated under performance assessment-based contextual learning approach and those treated under conventional learning approach, it was indicated by the value of F empiric = 21,81031 which was higher than F theory = 19,48 at 0,05 significance level.
The result of this research indicated that the use performance assessment-based contextual learning approach affected significantly on students’ speaking skill and-self efficacy both individually and simultaneously. It is suggested that English teachers apply the approach intensively in order to improve students’ speaking ability and self efficacy.
Key Terms: performance assessment-based contextual learning approach , English speaking skill, self-efficacy.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.367
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.