PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN ASESMEN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GIANYAR

I KETUT MADRA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achivemens divisionsi terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari motivasi berprestasi. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Gianyar dengan menggunakan rancangan post test only control group design. Sampel penelitian berjumlah 129 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey.

Penelitian ini menemukan; (1) secara keseluruhan, prestasi belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran  kooperatif tipe student teams achievemen division lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional ( FA = 9,256; P < 0,05); (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa (FAB = 123,1992 dengan p < 0,05); gan P < 0,05). (3) prestasi siswa yang memiliki motivasi tinggi, prestasi belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (Q =  25,848 dengan P < 0,05),  dan (4) prestasi siswa yang memiliki motivasi rendah, prestasi belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih rendah daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (Q =  -19.675 dengan P < 0,05).

Penelitian ini memberikan implikasi antara lain; 1) Sebagai tenaga pendidik, guru seharusnya mengetahui motivasi siswannya, memahami model-model pembelajaran sehingga para guru dapat menerapkan model yang sesuai dengan motivasi siswa, (2) Merancang Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran sehingga masalah yang diberikan kepada siswa benar-benar masalah kontekstual sehingga siswa menjadi tertarik untuk memecahkan masalah tersebut.

Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar dengan memperhitungkan motivasi.

 

Kata-kata kunci :  kooperatif tipe STAD, konvensional, motivasi belajar, dan prestasi belajar kimia

 

ABSTRACT


This study aims to determine and analyze the effect of Student Teams Achievement Division as cooperative learning towards the achievements of chemistry learning in terms of achievement motivation. The experiment was conducted in grade X SMA Negeri 1 Gianyar using post test only control group design. The total of sample amounted to 129 people who were selected using random sampling techniques. The data obtained were processed using two ways analysis of variance (ANAVA) continued with Tukey test.

This study found: (1) overall, the students’ chemistry achievements with student team achievement division cooperative learning model is higher than students who learnt using conventional learning models (FA = 9256, P <0.05), (2) there is an influence of the interaction between learning model towards students' chemistry achievement (FAB = 123.1992 with P <0.05, (3) achievement of students who have high motivation, students’ chemistry achievements with student team achievement division cooperative learning model is higher than students who learnt using conventional learning model (Q = 25 848 with P <0.05), and (4) students’ achievement who have low motivation, students’ chemistry achievement who learnt using student teams achievement division cooperative learning model is lower than students who learnt using conventional learning models (Q = -19 675 to P <0.05).

This study implies,: (1) As educators, teachers should know the motivation of their students, understand the learning models so that teachers can apply the appropriate model suit with students' motivation, (2) Designing STAD cooperative learning model in teaching and learning  activities so that the problem given to the students truly contextual problems so that students become interested in solving the problem.

Based on the result of the research, it could be concluded that student teams achievement division cooperative learning model affect the students’ chemistry achievement in grade X at SMA Negeri 1 Gianyar in terms of motivation.

 

Key words: cooperative study STAD, conventional, motivation, and      achievement of learning chemistry


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.