PENGARUH PENERAPAN MODEL E-PEMBELAJARAN BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada para Siswa SMA Negeri 1 Payangan)

KOMANG ADHI WIJAYA

Abstract


ABSTRAK

Adhi Wijaya, Komang (2012), Pengaruh Penerapan Model E-Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Payangan).

Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

 

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh : Pembimbing I : Prof. Dr. Made Candiasa,M.Ikom dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd

 

Kata kunci : E-Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar TIK            Siswa.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model E-pembelajaran terhadap hasil belajar TIK siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Payangan pada tahun pelajaran 2011/2012 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA1 dan XI IPS2 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA2 dan XI IPS1 sebagai kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  96 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data diperoleh dengan instrumen  motivasi belajar dan instrumen hasil belajar TIK kemudian diolah menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dilanjutkan dengan uji Tukey.

Hasil penelitian ini menunjukan : (1) secara keseluruhan hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model E-pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditunjukkan hasil uji Fhitung = 5,42 signifikan pada α=0,05; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar TIK Siswa, yang ditunjukan dari hasil FAB = 181,26 signifikan pada α=0,05; (3) untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi, hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model E-pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, ditunjukkan dari hasil nilai Qhitung = 77,36 signifikan pada α=0,05; (4)  untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar TIK siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model E-pembelajaran, ditunjukkan dari hasil nilai Qhitung = 54,55 signifikan pada α=0,05.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model E-pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar TIK siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Payangan, serta memberikan implikasi agar guru dalam menerapkan  model E-pembelajaran memperhatikan motivasi belajar siswa.

 

ABSTRACT

Adhi Wijaya, Komang (2012), The Implementation  Of Web Based E-Learning Model’s  Effect  Towards  Information   Communicationand Technology  Achievement Viewed From  Aspect Of Student’s Motivation (Experimental Study For XI Class SMA Negeri 1 Payangan)

Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

 

This thesis had been approved and assessed by : Supervisor I : Prof. Dr.Made Candiasa,M.Ikom and supervisor II : Prof.Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd

 

Key-words : E-Learning, Student’s learning motivation, information communication and technology achievement.

The research is conducted in order to find out and analyze the effect of  E-learning model towards achievement of information communication and technology  achievement viewed from aspect of student’s motivation.  The population of the research are  students of class XI SMA Negeri 1 Payangan  in 2011/2012 by utilizing a Post-test Only Control Group Design. Objects of this research are students of class XI IPA and XI IPS2 as experiment group and Students of class XI IPA2 and XI IPS2 as control group. There were  only 96 respondents selected based on random sampling. The data were collected by using learning motivation examination and result of information communication and technology  test, and analized by analysis of variant (ANOVA) with F-test  followed by Tukey-test.

The result indicated that: (1)  in general the achievement of  information communication and technology  achievement, students joining  E-Learning model higher than that of  those joining a conventional model. The figure indicated that Fobserved = 5.42 significant of α=0.05; (2) There was an interacted effect between instruction model  with the student’s motivation towards  Information communication and technology achievement, the figure indicated that FAB= 181.26 significant of α=0.05; (3) For students having  higher level of  motivation,   information  communication and technology achievement  was found higher than that of those joining  conventional learning model. The figure indicated that Q-observed =77.36 significant of α=0.05; (4) For students having lower level of learning motivation, achievement of information communication and technology  joining conventional learning model  was found higher than that of those joining E-Learning model. The figure indicated that Q-observed =54.55 significant of α=0.05.

Based on the findings it could be concluded that the E-Learning model contributed towards  information  communication and technology achievement  viewed on student’s  learning motivation at class XI SMA Negeri 1 Payangan. This provided implication that when implementing this model the teachers should also consider student’s motivations.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.