PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 GIANYAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan Sikap sosial terhadap prestasi belajar PKn siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain Post test Only Control Grouf Design dengan rancangan factorial 2x2.Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas, prestasi belajar PKn sebagai variabel terikat, sedangkan sikap sosial berperan sebagai variabel moderator. Instrument Sikap sosial digunakan untuk mengukur Sikap Sosial siswa dan tes prestasi belajar digunakan untuk mengukur prestasi belajar PKn siswa. Sampel penelitian berjumlah 88 siswa kelas VIII yang diambil menggunakan teknik random sampling yang menghasilkan empat kelas sampel tediri atas dua kelas sampel yang dijadikan kelas eksperimen dan dua kelas lainnya dijadikan kelas kontrol yang ditentukan dengan cara diundi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara umum, prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (FA hitung = 16,057, p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran dan Sikap Sosial siswa terhadap prestasi belajar PKn (FAB hitung = 144,515, p<0,05). (3) untuk siswa yang memiliki Sikap Sosial tinggi, prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model belajar konvensional (Q hitung = 16,029, p<0005), dan (4) untuk siswa yang memiliki Sikap Sosial rendah, prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran kontekstual (Q hitung = 8,014, p<0,05).
Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran dan Sikap Sosial mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar PKn, pada siswa SMP Negeri 1 Gianyar.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Sikap Sosial, dan Prestasi belajar PKn.
ABSTRACT
This research is intended to know the influence of learning model Contextual and the social attitude towards students' PKn learning achievements. The research was held in SMP Negeri 1 Nusa Gianyar by applying experiment method with Post-Test Only Control Group Design along with Factorial analyze planning 2x2. Variables in this research are: Contextual learning model and conventional learning model as independent variables, PKn Learning Achievement as dependent variable, while social attitude acts as moderator variable. The instruments of social attitude used to measure students’ social attitude and the tests of PKn learning achievement were used to measure students’ PKn learning achievements. The research samples are 88 students of class VIII which were taken by using random sampling technique which finally produce 4 sample classes in which 2 classes as experiment class samples and 2 classes as control classes through random system
The research result shows that : 1) in general, PKn learning achievement for the students joining Contextual learning model is higher than those joining conventional learning model (FA hitung = 16.057, p<0.05), 2) there is a significant interacting influence between the implementation of learning model and learning interest of the students towards PKn learning achievement (F AB hitung = 144,515, p<0.05), 3) for the students having high social attitude, the PKn learning achievements of the students joining Contextual learning model is higher than those joining conventional learning model (Q hitung = 16,029, p<0 05), and 4) for the students having low social attitude, PKn learning achievement of the students joining conventional learning model is higher than those who join Contextual learning model (Q hitung = 8,014, p<0.05).
Based on the result found in this study, it was concluded that the model of learning and social attitudes have an influence on the student’s learning achievement PKn for student’s SMP Negeri 1 Gianyar.
Key Words: Learning Method, Social Attitude, and PKn, learning achievement.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.