PENGARUH TKN TERHADAP SIKAP DEMOKRASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 UBUD

P. WAYAN ARTA SUYASA

Abstract


ABSTRAK

 

 

 

 

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  TKN dalam pembelajaran PKn terhadap sikap demokrasi dan motivasi belajar  siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ubud, dengan menggunakan metode eksperimen semu; melibatkan sampel sebanyak 64 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang dipilah menjadi dua, yaitu  TKN yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa sikap demokrasi dan motivasi belajar. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan dalam menjaring data yaitu kuesioner sikap demokrasi dan kuesioner motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan ANAVA satu jalur dilanjutkan uji Tukey, dan Manova satu jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap demokrasi siswa yang mengikuti  TKN  lebih baik daripada sikap demokrasi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) motivasi belajar siswa yang mengikuti TKN   lebih baik daripada motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa yang mengikuti  TKN  lebih baik daripada sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa   TKN dapat meningkatkan sikap demokrasi dan motivasi belajar  siswa. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara TKN  terhadap sikap demokrasi dan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci:  TKN, sikap demokrasi, motivasi belajar.

 

ABSTRACT

 

The main objective of the research is to investigate the effect of VCT (Value Clarification Technique) toward  democration attitude and students  learning motivation. The research was conducted at SMAN 1 Ubud by using quasi-experimental method; involving 64 students as the sample selected using random sampling technique. The independent variable in this research is instructional approach that was classified into two factors, those were VCT (Value Clarification Technique) which was given to the treatment group and conventional teaching and learning which was given to the control group. Democration attitude and student learning motivation in this research functioned as a dependent variable. There are two questioners used to obtain the intended data, namely democration attitude questioners and learning motivation questioners. The obtained data were analyzed by  one-way ANAVA,  Tukey test, and one –way MANOVA.

The research revealed that: 1) the democration attitude of the students who followed VCT (Value Clarification Technique) is higher than those  who followed conventional teaching and learning, 2) the learning motivation of the students who followed VCT (Value Clarification Technique) is higher than those  who followed conventional teaching and learning 3) the democration attitude and learning motivation of the students who followed VCT (Value Clarification Technique)  is higher than those who followed conventional teaching and learning

Finally, it is concluded that VCT (Value Clarification Technique) can improve students’ democration attitude and learning motivation. It means that there is a significant effect of VCT (Value Clarification Technique) through students’ democration attitude and learning motivation.

Key words: VCT (Value Clarification Technique), democration attitude, learning motivation.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i1.373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.