PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BERPRESTASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Gianyar)

I WAYAN BALIK

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi asesmen autentik terhadap  prestasi belajar matematika dan motivasi berprestasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gianyar melalui eksperimen dengan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 144 orang peserta didik kelas VIII yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Data diperoleh dengan pemberian tes prestasi belajar dan kuesioner motivasi berprestasi kemudian dianalisis dengan multivariate analysis of variance (Manova).

Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan secara signifikan  prestasi belajar matematika antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen autentik dan  peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen konvensional, thitung = 3,7938 lebih besar dari ttabel (142:0,05) = 1,982, rerata prestasi belajar kelompok eksperimen (=76,1667) lebih tinggi dari rerata prestasi belajar kelompok kontrol (=69,1667). (2) Terdapat perbedaan secara signifikan  motivasi berprestasi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen autentik dan  peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen konvensional, thitung = 3,1132 lebih besar dari ttabel (142:0,05) = 1,982. Rerata motivasi berprestasi kelompok eksperimen (=138,4306) lebih tinggi dari rerata motivasi berprestasi kelompok kontrol (=132,6389). (3) Terdapat  perbedaan prestasi belajar matematika  dan motivasi berprestasi secara bersama-sama secara signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen autentik dan  peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan  asesmen konvensional, Fhitung  = 10,5603 > Ftabel = 3,04

Berdasarkan temuan dalam penelitian ini  disimpulkan bahwa implementasi asesmen autentik dalam pembelajaran matematika  berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan motivasi berprestasi peserta didik. Implementasi  asesmen autentik dalam pembelajaran matematika  dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dan motivasi peserta didik.

 

Kata  kunci: asesmen autentik, prestasi belajar matematika, motivasi berprestasi

 

ABSTRACT

 

This study aimed at knowing and analyzing the influence of implementation of authentic assessment the mathematic learning achievement and motivation of achievement. This study was carried out at SMP Negeri 3 Gianyar through an experiment with Post Test Only Control Group Design. The sample of this study was 144 eight year student which were selected by Random Sampling Technique. The data of this study was conducted from the learning achievement and questionnaire   of achievement then was  analysed by multivariate analysis of variance(manova).

The result of this study are follows: (1) There was of significant difference in mathematic learning achievement between the student who were given authentic assessment and those who given conventional assessment with thitung = 3,7938 more than the ttable (142:0,05) = 1,982. The average of experiment group (=76,1667)  higher than the average of control group (=69,1667)        (2) There was of significant difference in achievement motivation between the student who were given authentic assessment and those who given conventional with thitung = 3,1132 more than the ttable (142:0,05) = 1,982. The average of experiment group (=138,4306) higher than the average of control group (=132,6389). (3)  There was of significant difference in mathematic learning achievement and achievement motivation between the student who were given authentic assessment and those who given conventional assessment with Fhitung = 10,5603 > Ftable = 3,04.

Based on the findings of the study it could be concluded that authentic assessment in mathematic teaching and learning   influence  the mathematic learning achievement and motivation of achievement. The implementation of authentic assessment in mathematic teaching and learning could increase the mathematic learning achievement and motivation of achievement.

 

Key words : Authentic Assessment, Mathematic Learning Achievement,       Achievement Motivation


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i2.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.