PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBERIAN PRESKRIPTIF DALAM PENILAIAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 ABIANSEMAL

I Wayan Dana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  pengaruh implementasi pemberian preskriptif dalam penilaian  terhadap  motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Abiansemal melalui eksperimen dengan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 162 orang siswa kelas VIII yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Data diperoleh dengan pemberian kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar matematika kemudian dianalisis dengan multivariate analysis of variance (Manova).

Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan secara signifikan motivasi berprestasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran disertai pemberian preskriptif dalam penilaian dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pemberian preskriptif dalam penilaian, hasil nilai Fhitung = 32,8903 lebih besar dari Ftabel (160:0,01) = 8,790, begitu juga dengan hasil t-hitung = 3,490 lebih besar dari t-tabel (t 161:0,01 = 2,369), rerata motivasi berprestasi kelompok eksperimen () lebih tinggi dari rerata motivasi berprestasi kelompok kontrol (). (2) Terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran disertai pemberian preskriptif dalam penilaian dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pemberian preskriptif dalam penilaian, hasil nilai Fhitung = 32,092 lebih besar dari Ftabel (160:0,01) = 8,790, begitu juga dengan hasil t-hitung = 3,448 lebih besar dari t-tabel (t-161:0,01 = 2,369), rerata hasil belajar matematika kelompok eksperimen () lebih tinggi dari rerata hasil belajar matematika kelompok kontrol (). (3) Terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika bersama-sama secara signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran disertai pemberian preskriptif dalam penilaian dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pemberian preskriptif dalam penilaian, nilai Fhitung = 17,3151 > Ftabel = 4,68.

Berdasarkan temuan dalam penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi pemberian preskriptif dalam penilaian pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika siswa, implementasi pemberian preskriptif dalam penilaian pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci              :  Pemberian Preskriptif dalam Penilaian, motivasi berprestasi, hasil belajar matematika

 

ABSTRACT


This research aims at investigating and analyzing the effect of the implementation of prescriptive giving in assessment toward achievement motivation and mathematics learning achievement. It was an experimental study done in SMP Negeri 2 Abiansemal using Post Test Only Control Group Design. The sample of the research was 162 eight grade students gathered using random sampling technique. The data was collected by giving the questionnaire of achievement motivation and mathematics learning achievement test and was analyzed using multivariate analysis of variance (Manova).

The results of the research are as follows. (1) there is a significant difference of achievement motivation between students following the learning process with the addition of  giving prescriptive and those following the learning process without the addition of giving prescriptive, Fobs = 32.8903 exceeds Fcv (160:0.01) = 8.790, tobs = 3.490 exceeds tcv (161:0.01) = 2.369, the mean score of achievement motivation of experimental group (X = 173.43) is higher than the mean score of achievement motivation of control group (X = 155.42), (2) there is a significant difference of mathematics learning achievement between students following the learning process with the addition of  giving prescriptive and those following the learning process without the addition of giving prescriptive, Fobs = 32.092 exceeds Fcv (160:0.01) = 8.790, tobs = 3.448 exceeds tcv (161:0.01) = 2.369, the mean score of achievement motivation of experimental group (X = 80.84) is higher than the mean score of achievement motivation of control group (X = 70.64), (3) there is a mutual significant difference of achievement motivation and mathematics learning achievement between students following the learning process with the addition of  giving prescriptive and those following the learning process without the addition of giving prescriptive, Fobs > Fcv = 4.68.

Based on the finding of the research, it can be concluded that the implementation of prescriptive giving on mathematics learning affects students’ achievement motivation and mathematics learning achievement. Furthermore, the implementation of prescriptive giving on mathematics learning can increase students’ achievement motivation and mathematics learning achievement.

Keywords: Prescriptive giving in assessment, achievement motivation, mathematics learning achievement.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i2.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.