PENGARUH E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ( Studi Eksperimen pada SMK Negeri 3 Tabanan)
Abstract
ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-learning dan minat belajar siswa terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Tabanan, menggunakan rancangan penelitian ”Nonequivalent Control Group Design” dengan melibatkan sampel sebanyak 76 orang yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas yang setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca bahasa Inggris dan kuesioner minat belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan Uji Tukey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan membaca bahasa Inggris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan e-learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (FA = 16,137 dengan p <0,05). Lebih lanjut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran dengan e-learning (75,316) lebih baik daripada nilai rata-rata kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (71,184). (2) Terdapat pengaruh interaksi antara e-learning yang diterapkan dan minat belajar siswa terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris (FAB = 64,139;p<0,05). (3) Pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, terdapat perbedaan kemampuan membaca bahasa Inggris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan e-learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Q-hitung = 12,026;p<0,05). Lebih lanjut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang memiliki minat belajar tinggi mengikuti pembelajaran dengan e-learning (82,158) lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional (69,789). (4) Pada siswa yang memiliki minat belajar rendah, terdapat perbedaan kemampuan membaca bahasa Inggris yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan e-learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Q-hitung=3,992 ;p<0,05). Lebih lanjut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca bahasa Inggris siswa yang memiliki minat belajar rendah mengikuti pembelajaran dengan e-learning ( 68,474) lebih rendah daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional (72,579).
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa e-learning dan minat belajar berpengaruh terhadap kemampuan membaca bahasa Inggris.
Kata–kata kunci: e-learning, minat belajar, kemampuan membaca bahasa Inggris.
ABSTRACT
The main objective of the research was to investigate the effect of e- learning and learning interest upon the English reading ability. The research was conducted at SMK Negeri 3 Tabanan by using ”Nonequivalent Control Group Design” involving 76 students as the sample selected by random sampling technique upon the same class level. The test used to in this research those were English reading ability test and learning interest questionnaire. The data were analyzed by a two-way ANAVA and continued with Tukey Test.
The research revealed that: (1) English learning ability of the students following e-learning were significantly different with the result of the students who followed the conventional learning (FA = 16,137; p < 0,05). Furthermore, it can be seen that the means score of the student’s English reading ability with e- learning (75,316) was better than the means score of the student’s English reading ability with conventional learning (71,184). (2) There is instruction effect between e-learning and learning interest on English reading ability (FAB = 64,139; p<0,05). (3) There were also significantly differences between e-learning students and conventional learning students on the group of students who had upper learning interest (Q= 12,026; p<0,05). Furthermore, it can be seen that the means score of the students’ English reading ability which had upper learning interest with e- learning (82,158) better than with conventional learning (69,789). (4) There were also significantly differences between e-learning students and conventional learning students on the group of students who had lower learning interest (Q=3,992; p<0,05). It can be seen that the means score of the students’ English reading ability which had lower learning interest with conventional learning (72,579) better than with e- learning (68,474)
Conclusion can be made that e-learning and learning interest had effected upon the students’ English reading ability.
Key words: e-learning, learning interest, English learning ability.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i2.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.