PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAS-UBUD TAHUN PELAJARAN 2011/2012 DITINJAU DARI KONSEP DIRI AKADEMIK

Ni Wayan Martini

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar akuntansi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berbantuan asesmen kinerja dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Populasi penelitian siswa kelas X AKuntansi SMKNegeri 1 Ubud tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 84 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan jumlah sampel 84 orang yang tebagi menjadi dua kelas. Kelas Xak1
= 42orang sebagai kelas eksperiman dan kelas X
= 42 orang sebagai kelas kontrol. Rancangan dalam penelitian ini adalah Post test only control group design. Untuk pengumpulan data digunakan metode tes dan kuisener. Setelah eksperimen berakhir data dianalisis dengan analisis anava satu jalur dan kovarian (anakova).   Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar akuntansi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berbantuan asesmen kinerja menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan prestasi siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional (Fhitung
= 39.088 > Ftabel =ak2 3,96 dengan p < 0.05). (2) Hasil belajar akuntansi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berbantuan asesmen kinerja menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan hasil siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional setelah kovariabel konsep diri  siswa dikendalikan (Fhitung = 16.2059  >F
3,96 dengan p < 0,05). Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan asesmen kinerja berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X  semester 2 SMK Negeri 1 Mas-Ubud tahun pelajaran 2011/2012 setelah kovariabel konsep diri sebesar 54.07%.  Kesimpulan akhir yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran problem berbasis masalah berbantuan asesmen kinerja berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X  semester 2 SMK Negeri-Mas 1 Ubud tahun pelajaran 2011/2012, baik sebelum maupun setelah kovariabel konsep diri dikendalikan

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Konsep Diri, , Hasil Belajar Akuntansi


ABSTRACT


This research is aimed to find out the difference between aconting Learning achievement applying performance Assessment problem based Learning Model from one with Conventional Learning Model. The population of this research was 84 students of class X SMK Negeri 1 Mas Ubud, Academic Year 2011/2012. This sample was taken in random with the number of samples of 84 students which are divided into two classes. Class X
= 42 students as Experimental Class and X
ak2ak1= 42 students as Control Class. The framework of this research is Post test only control group design. For collecting data, test and questionaire method was applied. As the experiment finished, the data was analized using a single direction analysis anava and covarian (anakova).
The result of this research showed that : (1) Acounting Learning achievement of students following Performance Assessment Based problem Based  Learning Model indicates a significant difference from one using conventional Learning Model (F
count= 39.088 > F3,96  by p < 0.05). (2) Acounting Learning achievement of students following Performance Assessment Based Problem Base Learning Model indicates a significant difference from one using conventional Learning Model after co variable Self Concept and Student Learning Habit are controlled altogether by (Fcount= 16.2059 > F3,96  by p < 0.05). Based on the research finding, it could be concluded that project Assessment Based Problem Based  Learning Model has a prominent impact toward Mathematics Learning achievement of students of class X semester 2 SMK Negeri 1 Mas-Ubud Academic Year 2011/2012 after co variable Self Concept  being controlled , by contribution as many as 54.07%  
The final conclusion obtained from this research is that performancet Assessment  Based Problem Based learning Model has a prominent impact toward accounting Learning achievement of students of class X semester 2 SMK Negeri 1 Mas-Ubud Academic Year 2911/2012 either before or after co variable Self Concept  being controlled altogether.

 

Key Word: Problem Based Learning Model, Self Concept, Acounting  Learning Achievement


 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v2i2.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.