PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN STATISTIK DENGAN MENGAPLIKASIKAN SPSS (STATISTICAL PACKAGE FOR SOCIAL SCIENCE) SEBAGAI PENGOLAH DATA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa CD Interaktif pembelajaran statistik dengan mengaplikasikan SPSS (Statistical Package for Social Science) sebagai Pengolah Data dalam bentuk kepingan compact disk (CD). Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R & D) dengan desain penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model Borg & Gall dengan memadukan model pengembangan produk multimedia yang disusun oleh Luther. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini telah menghasilkan: 1) rancang bangun (blue print) CD Interaktif ini menggunakan model Borg & Gall dengan memadukan model Luther; 2) CD Interaktif pembelajaran statistik dengan mengaplikasikan SPSS sebagai Pengolah Data diimplementasikan dengan menggunakan Macromedia Flash 8.0 dan Camtasia Studio 6.0; 3) keputusan validasi produk pengembangan mencakup uji ahli isi, uji ahli media, uji ahli desain pembelajaran dan uji lapangan kepada 30 orang mahasiswa. Hasil validasi ahli isi pembelajaran untuk CD Interaktif ini adalah sebesar 80% berkualifikasi baik. Hasil validasi ahli media pembelajaran untuk CD Interaktif ini sebesar 80,74% berkualifikasi baik. Hasil validasi ahli desain pembelajaran untuk CD Interaktif ini sebesar 85,16% berkualifikasi sangat baik. 4) keputusan uji coba lapangan kepada 30 orang mahasiswa memberikan respon yang positif dan persentase tingkat pencapaian sebesar 85,37% berkualifikasi sangat baik.
Kata Kunci: model Borg & Gall, cd interaktif, pembelajaran statistik, SPSS.
ABSTRACT
This study aimed at developing and producing products such as CD Interactive Statistical learning by applying SPSS (Statistical Package for Social Science) as a Data Processing in the form of compact discs (CD). This research was categorized as the development of research that was Research and Development (R & D) where the research design used was the Borg & Gall models by integrating Luther’s multimedia product development model. The analysis technique used was both descriptive qualitative analysis techniques and descriptive statistical analysis.The research has resulted in: 1) the design (blue print) of Interactive CD using both combination of Borg & Gall models and Luther’s models; 2) Interactive CD by applying SPSS statistical learning as a Data Processing was implemented by using Macromedia Flash 8.0 and Camtasia Studio 6.0; 3) the decisions validation of product development experts included content test, media experts test, instructional design expert testing and field tests to 30 students. Learning content expert validation results for this Interactive CD was 80% better qualified. Instructional media expert validation results for this Interactive CD was 80.74% better qualified. Instructional design expert validation results for this Interactive CD was 85.16% very well qualified. 4) The decisions of field trial to 30 students gave a positive response and the percentage rate of 85.37% qualified achievement was very good.
Keywords: model of Borg & Gall, interactive cd, statistical learning, SPSS.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.