PENGARUH METODE RESITASI TUGAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 MANGGIS
Abstract
ABSTRAK
I WAYAN LABA, Pengaruh Metode Resitasi Tugas dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMA Negeri 1 Manggis, Tesis Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2010
Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr I Made Candiasa, MIKomp, Pembimbing II : Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S
Kata Kunci : resitasi tugas, motivasi berprestasi dan hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi tugas dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manggis dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diklasifikasi menjadi dua jenis, yaitu metode resitasi tugas yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan metode konvensional yang diberikan kepada kelompok kontrol. Motivasi berprestasi berperan sebagai variabel moderator yang dipilah menjadi dua, yaitu motivasi berprestasi tinggi dan rendah. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrumen berupa kuisioner digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi siswa, sedangkan tes objektif digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika. Sampel penelitian ini berjumlah 62 orang siswa kelas X yang diambil dengan menggunakan tehnik random sampling.
Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode resitasi lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional dengan nilai Fhitung= 8,960 Ftabel= 3,99 taraf signifikansi 5%, 2) bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode resitasi lebih baik daripada yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional dengan nilai Qhitung= 9,3007 Qtabel= 2,89 taraf signifikansi 5%, 3) bagi siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode resitasi lebih rendah daripada yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional dengan nilai Qhitung= 3,3140 Qtabel= 2,89 taraf signifikansi 5%, dan 4) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung= 39,783 Ftabel= 3,99 taraf signifikansi 5%.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode resitasi tugas dan motivasi berprestasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika di SMA Negeri 1 Manggis
ABSTRACT
I WAYAN LABA, The Effect of Task Recitation Method and Achievement Motivation upon Achievement in Mathematics at SMA Negeri 1 Manggis, Tesis Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2010.
This thesis has been corrected and examined by the first supervisor, Prof. Dr. I Made Candiasa, MI Komp, the second supervisor, Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, MS
Key words: task recitation, achievement motivation and learning achievement
This study aimed at finding out the effect of task recitation and achievement motivation upon student’s learning achievement in mathematics. This study was conducted at SMA Negeri 1 Manggis by using experimental method with 2x2 factorial design. The independent variable in this study consisted of learning method which was classified into two types, i.e., task recitation method which was applied to the experiment group and conventional method to the control group. Achievement motivation served as moderator variable which was classified into two, namely high achievement motivation and low achievement motivation. The dependent variable consisted of learning achievement in mathematics. The instruments were in the form of questionnaire that was used to measure the students’ achievement motivation and objective test that was used to measure the students’ learning achievement in mathematics. The sample consisted of 62 students of Class X who were selected by random sampling.
The data analysis used two-way analysis of ANOVA and Tukey test. The results showed that 1) the students who learned through recitation method had higher achievement than those who learned through conventional method, Fobserved= 8.960 Ftable = 3.99 at 5% level of significance; 2) among the students who had high learning motivation, those who learned through recitation method had higher achievement than those who learned through conventional method, Qobserved = 9.3007, Qtable = 3.89 at 5% level of significance; 3) among the students who had low learning motivation, those who learned through recitation method had lower achievement than those who learned through conventional method, Qobserved = 3.3140, Qtable = 2.89 at 5% level of significance; and 4) there was an interaction effect between learning method and learning motivation upon learning motivation in mathematics, Fobserved = 39.783 Ftable = 3.99 at 5% level of significance.
Hence, it can be concluded that task recitation method and learning motivation have a significant effect upon learning achievement in mathematics at SMA Negeri 1 Manggis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i1.66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.