PENGARUH PENGGUNAAN EDUCATION GAMES DAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN GIANYAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan education games dan asesmen portofolio terhadap pemerolehan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas V Gugus I Kecamatan Gianyar. Penelitian ini adalah sebuah eksperimen dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Yang melibatkan 100 orang siswa sebagai sampel. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey.Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris siswa mengikuti penggunaan education games dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris ditinjau dari penggunaan bentuk asesmen, (3) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan asesmen terhadap pemerolehan kosakata Bahasa Inggris, (4) untuk siswa yang mengikuti asemen portofolio, ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti penggunaan education games dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (5) untuk siswa yang mengikuti asesmen konvensional, ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti penggunaan education games dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (6) untuk siswa yang mengikuti penggunaan education games, ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris antara siswa yang diberikan asesmen portofolio dengan siswa yang diberikan asesmen konvensional, (7) Untuk siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, tidak ada perbedaan pemerolehan kosakata bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti asesmen portofolio dan asesmen konvensional.
Kata Kunci : Penggunaan Education Games, Asesmen Portofolio, Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris
Abstract
The aim of this research is to know the effect of of using education games and portfolio assessment on the english vocabulary acquisition students grade V of elementary school cluster I Gianyar district. This research applied experiment design of posttest – only control group design. This research involves 100 students as research. The data obtained were analyzed by 2 ways ANOVA with F test, which was followed by Tukey test. Based on data analysis, it was found as follows. (1) There was a difference in the English vocabulary acquisition between students who attended using education games and those who attended conventional model, (2) There was a difference English vocabulary acquisition from the assessment, (3) There was an interaction effect between the teaching model and assessment on the English vocabulary acquisition. (4) For students who attended portfolio assessment, There was a difference in the English vocabulary acquisition between students who attended using education games and those who attended conventional teaching model, (5) For students who attended conventional assessment, There was a difference in the English vocabulary acquisition between students who attended using education games and those who attended conventional teaching model , (6) For students who attended using education games, There was a difference in the English vocabulary acquisition between students who attended portfolio assessment and those who attended conventional assessment , (7) For students who attended conventional teaching model, There was a difference in the English vocabulary acquisition between students who attended portfolio assessment and those who attended conventional assessment.
Key Words : using education games, portfolio assessment, English vocabulary acquisition
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.