PENGARUH OPTIMALISASI ASESMEN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS DITINJAU DARI MINAT SISWA PADA SISWA KELAS V DI GUGUS II KECAMATAN GIANYAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh optimalisasi asesmen diri terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris dan minat siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V di gugus II Kecamatan Gianyar dengan menggunakan metode eksperimen semu dan desain faktorial 2 x 2. Instrument penelitian berupa tes kemampuan menulis Bahasa Inggris dan kuesioner minat siswa. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan asesmen diri dan konvensional (FA = 6,950, p < 0,05), (2) terdapat perbedaan kemampuan menulis Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan asesmen diri dan kovensional pada kelompok siswa dengan minat tinggi (Q = 10,951, P < 0,05), (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis Bahasa Inggris antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan asesmen diri dan konvensional, (4) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan jenis asesmen dengan minat siswa terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen diri dan minat siswa berpengaruh terhadap kemampuan menulis Bahasa Inggris pada para siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Gianyar.
Kata kunci : Optimalisasi Asesmen Diri, Kemampuan Menulis Bahasa Inggris, Minat Siswa.
Abstract
The aim of this research is to know and to analyze the effect of optimalization self assessment and students enthusiasm on the students writing English achievement. This research has been done on grade V elementary school cluster II Gianyar district by using queasy experiment with 2 x 2 factorial design. The research instrument is a test of writing English achievement and questionnaire of achievement enthusiasm.. The analyzed data used ANAVA AB. Based on data analyzed, the results of the research showed that : (1) there was a difference on writing English achievement between the students who touch by self assessment and conventional (FA = 6,950, p < 0,05), (2) there was a difference on writing English achievement between the students who touch by self assessment and conventional to the groups of students who had high achievement enthusiasm. (Q = 10,951, P < 0,05), (3) there was a difference on writing English achievement between the students who touch by self assessment and conventional to the groups of students who had low achievement enthusiasm. (Q = 5,291, p < 0,05), (4) There was an interaction between self assessment and achievement enthusiasm to the writing English achievement (FAB = 69, 134, p < 0,05). Based on the description above, we can make a conclusion that self assessment and students enthusiasm will give an influence to the writing English achievement on the grade V of elementary school students cluster II Gianyar district.
Keywords : self-assessment optimalization, Writing English Ability, Student Enthusiasm
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:
Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.