PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (Studi Eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta Selatan)

Wasis Setyono

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini eksperimen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuta Selatan dengan menggunakan desain faktorial 2x2; melibatkan sampel sebanyak 96 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang dipilah menjadi dua, yakni pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan pendekatan pembelajaran konvensional yang dikenakan pada kelompok kontrol. Gaya kognitif sebagai variabel moderator dipilah menjadi dua, yaitu gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Sebagai variabel terikat dalam penelitian ini berupa prestasi belajar ekonomi. Instrumen penelitian berupa tes yang digunakan dalam menjaring data ada dua jenis, yaitu tes prestasi belajar ekonomi dan tes gaya kognitif. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan uji Tukey.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual tidak sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya harga Fhitung = 21,47 pada taraf 0,05 > Ftabel (0,05) (1:92) = 3,94; (2) untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual lebih baik daripada prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya harga Qhitung = 9,47 pada taraf 0,05 > Qtabel = 2,83;  (3) untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada prestasi belajar ekonomi siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual, hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya harga Qhitung = 3,02 pada taraf 0,05 > Qtabel = 2,83;  dan (4) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran yang diterapkan dengan gaya kognitif terhadap prestasi belajar ekonomi, hal tersebut dibuktikan dengan  ditemukan harga Fhitung = 23,42 pada taraf 0,05 > Ftabel = 3,94.

Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual secara umum dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa. Supaya diperoleh prestasi belajar ekonomi yang lebih optimal maka gaya kognitif siswa harus dipertimbangkan. Untuk siswa yang memiliki gaya kognitif field independent sebaiknya diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent sebaiknya diterapkan pendekatan pembelajaran konvensional

Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Gaya Kognitif, dan Prestasi belajar Ekonomi.

THE EFFECT OF CONTEXTUAL LEARNING AND COGNITIVE STYLE    ON LEARNING ACHIEVEMENT IN ECONOMICS

( An Experimental Study Conducted of SMA Negeri 1 Kuta Selatan )

by

Wasis Setyono

ABSTRACT

 

The aim of this study was to find out  the effect of contextual learning and cognitive style on learning achievement in economics. The study was conducted at SMA Negeri 1 Kuta Selatan by using quasi-experimental method and the 2x2 factorial design; involving a sample consisting of 96 people using random sampling technique. This study used learning approach as the  independent variable which was devided into two, i.e., contextual learning  approach (CTL) that was assigned to the experiment group and convensional  learning approach that was assigned  to the control group. The cognitive style was chosen as the moderator variable which was divided into field independent  and dependent cognitive styles. Achievement in learning economics was selected as the dependent variable in this study. This study used test as instruments to collect data. There were two types of test, i.e., achievement test in learning economics and cognitive style test. The data were analyzed by a two-way ANOVA and Tukey’s test.

The result shows that (1) the achievement of the student who studied under contextual learning was not the same as that of those who studied under conventional learning, which was proven by the value of Fobserved = 21,47 at P= 0,05 > F table (0,05)(1;92) = 3.94;  (2) for the students with field independent cognitive style, those who studied under contextual learning got higher achievement than those who studied under convention learning, which was proven by the value of  Qobserved = 9,47 at P = 0,05 > Q table = 2,83 ; (3) for the students with field dependent cognitive style, those who studied under conventional learning got  higher achievement than those who studied under contextual learning, which was proven by the value of   Q observed = 3,02 at P = 0,05 > Q table = 2.83 ; and (4) hence, it can be concluded that there is an interaction effect between a learning approach used and cognitive style on achievement in learning economics, as proven by the value of  F observed = 23,42 at P = 0.05 > F table = 3.94).

 

 

The conclusion that can be drawn from this study is that the implementation of contextual learning can generally improve student’s achievement in learning economics.  One has to take cognitive style to obtain an optimum level of achievement in learning economics. It is advisable to use contextual learning for the student with field independent cognitive style while conventional learning for the student with field dependent cognitive style.

Key words: Contextual   teaching and learning, Cognitive style, and Economics achievement.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v1i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.