PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBASIS ASESMEN KINERJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI BAKAT NUMERIK PADA SISWA KELAS X SMKN 3 SINGARAJA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kel

Putu Sri Haryati, I Made Candiasa, Made Yudana

Abstract


Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari bakat numerik siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMKN 3 Singaraja berjumlah 603 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara random kelas berjumlah 54 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk quasi eksperiment dengan desain posttest only control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes bakat numerik dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dimana prestasi belajar matematika pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 57,580; p<0,05). (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar mata pelajaran matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD  berbasis asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah kovariabel bakat numerik dikendalikan, dimana prestasi belajar matematika pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis asesmen kinerja lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional ( Fres = 31,142; p<0,05). (3) Terdapat kontribusi positif kovariabel bakat numerik terhadap prestasi belajar matematika pada Kelas X SMKN 3 Singaraja.  Dengan R2= 0,573, R= 0,757 dan Freg = 198,330, dengan kontribusi sebesar 57,3%

 

Kata kunci : model pembelajaran STAD, bakat numerik dan prestasi belajar siswa.

 

Abstract

The main purpose of this research was to find out the effect of the implementation of cooperativelearning model, STAD type, based on performance assessment toward Mathematic’s learning achievement viewed from the numerical aptitude. Population of the research was 603 students of SMKN 3 Singaraja.  The sample of this research used random sampling technique. The sample was taken randomly for 54 students. The research was designed in the form of quasi experiment with posttest only control group design. The data were collected by using numerical aptitude’s test and Mathematic learning achievement’s test. The data were analyzed using one way ANAKOVA. The result of the research showed that: (1) there was the difference in Mathematic’s learning achievement between those students who followed cooperativelearning model, STAD type, based on performance assessment with those students who followed conventional learning ( Fhitung = 57,580; p<0,05). (2) There is significant difference on the students learning achievement on mathematic subject between those students taught with cooperative learning model, STAD type, based on performance assessment with those students taught using conventional teaching modelafter the covariable of numerical aptitude was controlled ( Fres = 31,142; p<0,05). (3) There is significant contribution of numerical aptitude covariable toward mathematic’s learning achievement of class X students at SMKN 3 Singaraja. With Freg = 198,330. With a contribution of 57,3%.

 

Keywords : STAD learning model, numerical aptitude, and students’ learning achievement.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.