KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DALAM KEGIATAN PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS 3 JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 1 MAS – UBUD

I MADE SUJANA ., Prof. Dr. I Wayan Koyan,M.Pd ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, 2) Kontribusi harga terhadap kepuasan pelanggan, 3) Kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan kontribusi secara bersama-sama kualitas produk, harga dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan expost facto dengan rancangan kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 93 orang, sampelnya diambil dengan metode purposive sampling, dan penentuan jumlah sampel (n) yang diambil berdasarkan table Krejcie dan Morgan (1970) pada taraf toleransi sebesar 5% adalah 75 responden dari jumlah populasi (N) sebanyak 93 responden. Jadi total sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 75 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis datanya dengan regresi sederhana, regresi ganda dan determinasi atau sumbangan efektif
Hasil analisis ditemukan sebagai berikut. 1) Kualitas produk berkontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar 88.74% dengan r=0.942, dan Fhitung = 20,25 > Ftabel 0,05=3,98. 2) Harga berkontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar 92,35% dengan r=0.961 dan Fhitung = 83.010 > Ftabel 0,05=3,98. 3) Kuaalitas pelayanan berkontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan kontribusi sebesar 97,42% dengan r=0,987 dan Fhitung = 39,338 > Ftabel 0,05=3,98. 4) Kualitas Produk, Harga dan pelayanan secara bersama-sama berkontribusi positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan sumbangan efektif sebesar 97.45% dengan Fhitung = 905,4209 > Ftabel 0,05=2,74. Sumbangan efektif X1=4,98%, X2=15,67% dan X3=76,80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan: 1) Variabel kualitas produk, 2) Variabel harga, 3) Variabel kualitas pelayanan masing-masing dan secara bersama-sama berkontribusi positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan

Abstract

This study aims to determine: 1) the contribution of product quality to customer satisfaction, 2) Contribution price to customer satisfaction, 3) Contribution of service to customer satisfaction, and contribution of product quality, price and service altogether towards customer satisfaction.
This research is a study using the ex post facto approach to the design of quantitative correlation with the total population of 93 people, the samples were taken by purposive sampling method and determination of the number of samples (n) taken under table Krejcie and Morgan (1970) on the tolerance level of 5% were 75 respondents of the total population (N) by 93 respondents. So the total sample in this study was taken by 75 respondents. The instrument used was a questionnaire. The data analysis techniques with simple regression, multiple regression and determination or effective contribution.
Analytical results are found as follows. 1) Quality of products contribute positively to customer satisfaction with a contribution of 88.74% with r = 0.942, and Fvalue = 20.25> Ftable 0.05 = 3.98. 2) Price contributed positively to customer satisfaction with a contribution of 92.35% with r = 0.961 and Fvalue = 83.010> Ftable 0,05 = 3.98. 3) The services contribute positively to satisfaction with a contribution of 97.42% with r = 0.987 and Fvalue = 39.338> Ftable 0,05 = 3.98. 4) Product quality, price and service altogether contribute positively to satisfaction with the effective contribution of 97.45% with Fvalue = 905.4209> Ftable 0,05 = 2.74. Effective contribution X1= 4.98%, X2 = 15.67% and X3= 76.80%.
It can be concluded: 1) Variable product quality, 2) Variable price, 3) Variable service each and together contribute positively to the level of customer satisfaction.

keyword : Customer Satisfaction, Product Quality, Price and Service.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.