STUDI EVALUASI TINGKAT EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SD-SMP SATU ATAP DI KABUPATEN KARANGASEM

I KADEK ADI SANJAYA ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Tingkat Efektifitas Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Karangasem ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan maupun alternative solusi yang ditawarkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan mengadopsi model evaluasi CIPP. Variabel konteks, input, proses dan produk diukur dengan instrumen berupa kuesioner dengan skala Likert. Sampel penelitian ini berjumlah 132 orang terdiri dari 54 orang guru termasuk di dalamnya kepala sekolah, 6 orang tata usaha termasuk di dalamnya bendahara sekolah, 18 orang pengurus komite sekolah dan 54 orang siswa termasuk di dalamnya pengurus OSIS yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified purposional random sampling. Data yang berupa skor variabel konteks, input, proses dan produk selanjutnya dianalisis dengan jalan mengubah skor baku z ke skor-T. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Tingkat Efektifitas Pelaksanaan Pengembangan SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Karangasem ditinjau dari : (1) komponen konteks dengan criteria sangat efektif (144,42) dan berada pada kategori positif (+), (2) komponen input dengan criteria sangat efektif (160,16) dan berada pada kategori positif (+), (3) komponen proses dengan criteria sangat efektif (136,42) dan berada pada kategori positif (+), (4) komponen produk dengan criteria efektif (126,31) dan berada pada kategori positif (+). Setelah diinterpretasikan dalam kriteria pada kuadran Glickman, dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas pelaksanaan program SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Karangsem tergolong sangat efektif, dengan catatan bahwa dalam pelaksanaanya masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi yaitu pendidik dan tenaga pendidik yang belum PNS, sarana dan prasarana yang mulai rusak, alat bantu pembelajaran berupa komputer kurang dan prestasi baik akademik dan non-akademik perlu ditingkatkan
Kata Kunci : Studi Evaluasi, SD-SMP Satu Atap, Konteks, Input, Proses, dan Produk

This study aimed at finding out The Effectiveness Implementation of One-Roof Primary-Junior High School in Karangasem Regency looking from component context, input, process, product and problem that finding from the developing the program and how is that alternative solution. This study belonged to an evaluative research that adopted the CIPP evaluation model. The variable context, inputs, process and product measure by questioners with likert scale. The sample of this study are 132 persons consisted of 54 teachers including the head master, 6 administration officers including the school treasurer, 18 school committee, and 54 students including the members student organization derived by stratified purposional random sampling. The data of score variable context, inputs, process and product were analyzed by changed z-score into t-score. The result of the study showed The Effectiveness Implementation of One-Roof Primary-Junior High School in Karangasem Regency looking from : 1) component context with criteria the most effective (144,42) and into positive categories (+), 2) component inputs with criteria the most effective (160,16) and into positive categories (+), 3) component process with criteria the most effective (136,42) and into positive categories (+), 4) component product with criteria effective (126,31) and into positive categories (+). After the all result compared by quardran Glickman, it could be conclude The Effectiveness Implementation of One-Roof Primary-Junior High School in Karangasem Regency is the most effective, with the note those still some problems on its Implementation likes teachers and administration officers aren’t public servants, the tools of supporting schools are broken, helping things of the process study less, and the achievement of academic and non-academic must be increase
keyword : Evaluatif Study, One-Roof Primary-Junior High School, Context, Input, Process, and Product

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v3i1.931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal_ep : Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.