PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERPENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berpendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi adalah seluruh kelas V SD yang ada di Gugus II Kecamatan Kintamani yang berjumlah 221 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol yang dipilih dengan teknik random sampling dengan jumlah 68 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif dan gaya kognitif dikumpulkan menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran treffinger berpendekatan saintifik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Kedua, terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif. Ketiga, pada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independent (FI), terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran treffinger berpendekatan saintifik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Kempat, pada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent (FD), terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran treffinger berpendekatan saintifik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: gaya kognitif, kemampuan berpikir kreatif, model treffinger, pendekatan saintifik
Full Text:
PDFReferences
Alfiyanti, D. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kreativitas Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Poncowarno” Tersedia pada http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3071/0. Diakses pada tanggal 08 Nopember 2018.
Boesen, J. 2006. “Department of Mathematics and Mathematical Statistic Ume University”. Assessing Mathematical Creativity. Doctoral Thesis. No 34.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Inayah, N. 2016. “Pengaruh Kemampuan Penalaran Matematika dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Koneksi pada materi Statistika Siswa SMA”. Jurnal Of EST. Volume 2 No 2.
Maharani, R.K. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang.”JPSD. Vol 06 No 4 hal 506-515.
Mayasari, N M D 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas V Sd di Gugus II Kecamatan Mengwi”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014) Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id. Diakses pada 08 Nopember 2018
Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Murtiyasa, B. 2015. “Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global”. Jurnal Universitas Muhammadiah Surakarta. Vol 1 hal.1.
Novitayanti, N.P.E. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dan Gaya kognitif terhadap prestasi belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nusa Penida”. Tesis (tidak diterbitkan). Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Purwaningrum, J.P. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approcach”. Jurnal Refleksi Edukatika. Vol 6 No 2 Hal 145-157
Puspita, M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Untuk Pokok Bahasan Bunyi Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tersedia pada http://ejournal.umpwr.ac.id. Diakses pada p 08 Nopember 2018.
Ramandhani, D dan Nuryanis. 2017. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD di Kecamatan Langsa Lama”. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MIPA III. Langsa-Aceh, 30 Oktober 2017 ISBN 978-602-50939-0-6.
Sudarman, et al. 2016. “The Effect of Learning Strategy and Cognitive Style toward Mathematical Problem Solving Learning Outcomes”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol.6, Issue 3. Tersedia pada http://www”".iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-6%20Issue-3/ Version-4/V060304137143.pdf. Diakses pada 08 Nopember 2018.
Silfiana, I dkk. 2016. “Model Treffinger dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah siswa Kelas V”. Jaurnal of Primery Education.JPE 5 (2) 2016.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H B. 2012.Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta:PT Bumi Aksara
Wardani, R.W. 2017. “Pengaruh Model Treffinger dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa SMKN 2 Kediri Kelas IX Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi”. Tersedia pada http://repository.ump.ac.id. Diakses pada 08 Nopember 2018
.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.