PENGARUH PEMBELAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PAYANGAN

Astiti -, Nyoman Sudiana, Wayan Lasmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran membaca metode PQ4R  terhadap kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan verbal  siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Payangan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan menggunakan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 141 siswa. Sampel peneliian sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 orang siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Data kemampuan membaca pemahaman dan data kemampuan verbal dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data menggunakan analisis Manova. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh pembelajaran membaca dengan metode PQ4R terhadap  kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD di  Kecamatan Payangan; 2) terdapat pengaruh pembelajaran membaca dengan metode PQ4R terhadap  kemampuan verbal siswa kelas V SD di  Kecamatan Payangan; 3) secara simultan, terdapat pengaruh pembelajaran membaca dengan metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan verbal antara siswa SD kelas V di  Kecamatan Payanganan.

 

Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, kemampuan verbal, PQ4R

 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

BNSP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa

English, Evelyn Williams. 2017. Pendidikan Literasi. Bandung: Nuansa Cendikia.

Gozum, Ali Ibrahim Can. 2013.The Effect of Multiple Inteligence Theory Based Theaching on Students Achievement and Retention of Knoledge. Journal International On new Trends in Education and The Implication. Volume 2 Issue 3

Manalu. 2016. Improving student achievement’s in reading comprehensions through preview, questions, read, reflect, recite and rieview.

Mulyono, Abdurahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Rathod, Mina H 2015. Tryout and Impact of PQ4R Method and Traditional Method of Repetition On Unit Achievement and it Retention By Student of Standard IX in Social Science Subject. Golden Research Thoughts, Volume 4, Issue 8, Februari 2015

Rodli, Moh. 2015. Applyig PQ4R Strategy for Teaching Reading Indonesian EFL Journal. Volume 1 Issue 1, Pages 31-41.

Wahono, Suparwoto Sapto. 2014. Using PQ4R To Increase The Students’ Reading Comprehension At Al-Bidayah Islamic Boarding School Jember. Journal Fenomena. Vol. 13 No.2




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.