PENGARUH STRATEGI GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG

Komala Dewi, Nyoman Dantes, IBP Arnyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh strategi guided discovery learning terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Badung Tahun 2018/2019 yang terdiri dari 208 siswa. Sebanyak 38 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi guided discovery learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Badung. Kedua, terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan kemapuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Badung. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan strategi guided discovery learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Badung yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Kempat, terdapat pengaruh yang signifikan strategi guided discovery learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SD Gugus VII Abiansemal Badung Tahun 2018/2019 yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.

 

Kata kunci: guided discovery learning, hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kritis

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Candiasa, I. M. 2010. Statistik Unvariant dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbit Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman. 2012 Metodelogi Penelitian, Andi: Yogyakarta

Dimyati dan Mudjiono, 2009:3

Ennis, Robert H.2011. The Nature of Critical Thingking. Di unduh pada 1 April 2019. https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf?sfvrsn=7bb51288_2

Gregory., R. 2000. Psychology testing (history principles, and applications). Boston allyn and bacon.

Hajar. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction. University of Muhammadiyah Malang Indonesia. Vol.10, No.1.

Huda. 2014. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta

Istiqomah. 2017. Pengembangan lembar kerja peserta didik Tematik Berbasis guided discovery learning. Artikel Universitas Lampung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Kementrian Riset Indonesia. 2018. Proses pembelajaran digital dalam era revolusi industry 4.0. artikel file:///D:/Kemenristekdikti-Mempersiapkan-SDM-Indonesia-di-Era-Industri-4.0.pdf (diakses pada 19 Desember 2018).

Khabibah,norman elok. Kuswanti ,Nur. 2016. Keefektifan modul berbasis guided discovery pada materi respiratory sytem. Jurnal volume 1. Universitas Negeri Surabaya.

Maulidar. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Kemagnetan.

Mawadati Nugroho, Maulida. 2018. Pengembangan Modul Ipa Berbasis Guided Discovery Learning (GDL) Dengan Tema Fotosintesis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/Mts Kelas VIII SMP Al Ma’rufiyyah Tempuran. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta Vol.7, No.1. (diakses pada 17 Desember 2018).

Nurdiyansyah. 2016. Inovasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo. Nizamia Learning Center

Pedoman Penulisan Tesis Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Edisi Revisi). 2016. FIP Undiksha: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rachmadtullah, Reza. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Terbuka Jakarta. Volume 6 Edisi 2. Tersedia pada

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/493/428

(diakses pada 20 November 2018).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sucipta. 2018. Metode Guided Discovery Learning terhadap Tingkat Berpikir Kritis Siswa Dilihat dari Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Economics Education Vol.1 no. 1. (diakses pada 22 November 2018).

Sudjana, N. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru, Bandung: Cet III.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tiana, Neris Lendi. 2015. Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta. Volume 6 Edisi 2. Tersedia pada http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/491/426 (diakses pada 11 April 2018) .

Triana, Desi. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Guided Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Artikel Universitas Lampung. (diakses pada 20 November 2018).

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, strategi, dan Impelemtasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.