PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE RALLY COACH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN PENGENDALIAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS V GUGUS XIII KECAMATAN BULELENG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe rally coach berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional 2) mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe rally coach berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional, setelah kecerdasan linguistik dikendalikan, dan 3) mengetahui kontribusi kecerdasan linguistik terhadap kemampuan menulis narasi. Rancangan penelitian eksperimen semu dengan populasi penelitian adalah siswa kelas V gugus XIII Kecamatan Buleleng yang berjumlah 179 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 68 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan objetif dan tes esai. Data dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe rally coach berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional dengan = 10,517 dan (0,05; 1:66) = 3,99; 2) terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe rally coach berbantuan media gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional, setelah kecerdasan linguistik dikendalikan. terdapat kontribusi kecerdasan linguistik terhadap kemampuan menulis narasi siswa sebesar 18,7%.
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Rolly Coach, Kemampuan Menulis Narasi, Kecerdasan Linguistik,
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Azhar. 2011. Media Pembelajara. .Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ergun, A. et al. 2010. “The Effect of Cooperative Learning on Eight Grade Students Achievement and Atitud Toward Science”. Journal ERI (Education) vol.1. ISNN: 8013-1172.
Lestari, A. W. 2017. “Peningkatan Kreativitas Menulis Narasi Melalui Penerapan Kooperatif Model Rally Coach Berbantuan Media Gambar Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Volume: 2 Nomor: 9 Bulan September
Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Musyadad, F dan Santi, A. I. 2018. “Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini di TK Se-Kecamatan Parakan Temanggung Jawa Tengah”. Journal of SECE (Studies in Early Chilhood Education). e-ISSN : 2615-5389 p-ISSN : 2615-5397.
Marhaeni, A.A.I.N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rahmawati. 2016. “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Mekanisme Koping pada Mahasiswa Tahun Pertama PSIK UMY”. Jurnal Pendidikan. Volumen 1 Nomor 3.
Rosdiana. 2008. Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung: Cipta Pustaka.
Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sukenti, D. 2017. “Hubungan Kecerdasan Linguistik Dengan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 15 Kota Pekanbaru”. Geram (Gerakan Aktif Menulis). Volume 5, Nomor 1
Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Haerul, N. dkk. 2018. “Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar”. http:// eprints.unm.ac/id/eprint/10813. Diakses pada tanggal 17 juni 2019.
Wisni, M. 2015. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Circuit Learning di Kelas V SD Kanisius Jomegatan Bantu”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 8 Tahun ke IV
Wiwitan, A. K. 2014. “Pengaruh Tingkat Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Bandung”. http://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/414. Diakses tanggal 17 Juni 2019.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.