KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD KRISTEN HARAPAN DENPASAR

Made Anita Restuningsih, Dantes Nyoman, Nyoman Sudiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas V SD Kristen Harapan Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Kristen Harapan Denpasar yang berjumlah 159 siswa. Sebanyak 106 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan membaca kritis dan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes esai, sedangkan data minat membaca menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis ditinjau dari minat membaca. Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan minat membaca terhadap kemampuan membaca kritis. Kempat, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan minat baca rendah. Kelima, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan siswa yang memiliki minat baca tinggi dan minat baca rendah. Keenam, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. Ketujuh, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki minat baca rendah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, kemampuan membaca kritis, minat membaca


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Candiasa. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha.

Dantes, Nyoman. 2012. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen Dana Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Feby, Inggriyani dan Nuru, Fazriyah. 2017. “Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar”. JPSD.

Muttaqiin, Arief., Sopandi, dan Wahyu. 2015.“Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Edusentris”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 2 No. 2, Juli.

Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis dan Membaca Literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.

Sariyem. 2016. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi SD negeri di Kabupaten Bogor”. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 7, Edisi 2, Desember.

Subadiyono. 2017. “Pengembangan Buku Teks Membaca Kritis”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 16 Nomor 1 Januari.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.