PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VI KECAMATAN MENGWI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari literasi digital siswa kelas V sekolah dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar dan literasi digital. Data dianalisis menggunakan anava dua jalur. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa SD di Gugus VI Kecamatan Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran STM dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA (Fhitung = 5,724; p < 0,05); (2) terdapat terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan literasi digital dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA (FAB hitung = 4,430; p < 0,05); (3) terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa dengan literasi digital tinggi yang mengikuti model pembelajaran STM dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhitung = 19,171; p < 0,05); (4) terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok siswa dengan literasi digital rendah yang mengikuti model pembelajaran STM dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhitung = 5,703; p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model pembelajaran STM dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Mengwi ditinjau dari literasi digital.
Kata kunci: hasil belajar, literasi digital, model pembelajaran STM
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Arnyana, I.B. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi (tidak diterbitkan). Malang : Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi
Gonzales, P., Leslie, J., Stephen, R., David, K., & Summer, B. 2009. Highlight from TIMSS 2007: Mathematics and science achievement of u.s fourth-and eighth-grade students in an international context. Institute of education Science. Tersedia pada http://nces.ed.gov/pubs2009/2009001.pdf. diakses pada 3 Nopember 2018
Gusfarenia, D. 2013. Model Pembelajaran Sain Teknologi Masyarakat (STM). Jurnal Edu- Bio 4: 21-31.
Lestari, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Tersedia pada Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume II No 3, Juli 2016
Nasrullah, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemdikbud.
Poedjiadi, A. 2010. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Silvana dan Cecep. 2017. Pendidikan Literasi Digital di kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Termuat pada Jurnal PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan UPI
Soh, T., Arsad, N., & Osman, K. 2010. The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7(C), 546–554
Suprianto dan S. Ida K. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Hidayatun Najah”. Tersedia pada Jurnal Gravity (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika) Vol. 2 No. 1 (2016)
UNDP Indonesia, Indonesia Human Development Report. 2017. The Economics Democracy: Financing Human Development in Indonesia. Published Jointly by BPS-Statistic Indonesia.
Warpala, I W. S. 2015. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif yang Berbeda Terhadap Pemahaman & Keterampilan Berpiikir Kritis dalam Pembelajaran IPA SD. Disertasi. Malang: PPS Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.