PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT, AND LEARN) TERHADAP MINAT MEMBACA DAN KEMAMPUAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS IV DI GUGUS VIII KECAMATAN SAWAN

Komang Trisna Yuliantari, Ida Bagus Putrayasa, Nyoman Sudiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat membaca dan kemampuan efektif membaca antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi KWL (know, want and learn) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Sawan Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 122 siswa sedangkan sampel berjumlah 61 orang siswa. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data minat membaca siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data kemampuan efektif membaca siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan minat membaca antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi KWL (know, want and learn)  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Sawan, 2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan efektif membaca antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi KWL (know, want and learn)  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Sawan, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan minat membaca dan kemampuan efektif membaca antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi KWL (know, want and learn) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Sawan.

Kata kunci: kemampuan efektif, membaca minat membaca, strategi KWL


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajaranya. Bandung: Risqi Press.

Asriani, Ahmad. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want-Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa Tahun 2017. Tersedia pada http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8442.(Diakses pada 3 Desember 2018).

Harsono, A.S.R. 2012. Pengaruh Strategi Know Want To Know Learned (KWL) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri di Temanggung. Basastra Jurnal Peneltian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol 1 (2012). (Diakses pada 15 Juni 2018).

Marhaeni, A.A.I.N. 1998. Rosenblatt’s Transactional Theory and Its Implementation In The Teaching Of Integrated Reading. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 5, No 4.

Nuriadi. 2008. Pembaca Teknik Jitu menjadi Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim, Farida. 2007 . Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Edisi Kedua), Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso, 2004. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudiana, I Nyoman. 2007. Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Pengajaran Pragmatik.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.