PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL KEMAMPUAN NUMERIK DAN VERBAL PESERTA DIDIK KELAS V GUGUS PETULU

NL Saraswati Adnyani, Nyoman Dantes, I Made Ardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan verbal peserta didik kelas V Gugus Petulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan single factor independent groups design with use of covariate. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD se-Gugus Petulu yang berjumlah 117 peserta didik. Sebanyak 54 peserta didik dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data hasil belajar matematika menggunakan tes pilihan ganda dan data kemampuan numerik dan kemampuan verbal peserta didik diperoleh dari tes kecerdasan numerik dan tes kemampuan verbal. Data dianalisis dengan menggunakan ANACOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika. Kedua, dengan pengendalian kemampuan numerik terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika. Ketiga, dengan pengendalian kemampuan verbal terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika. Keempat, dengan pengendalian kemampuan numerik dan verbal secara simultan terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran think talk write (TTW) terhadap hasil belajar Matematika. Kelima, terdapat kontribusi kemampuan numerik terhadap hasil belajar Matematika. Keenam, terdapat kontribusi kemampuan verbal terhadap hasil belajar Matematika. Ketujuh, terdapat kontribusi kemampuan numerik dan verbal secara simultan terhadap hasil belajar Matematika.

 

Kata kunci: hasil belajar Matematika, kemampuan numerik, kemampuan verbal, think talk write


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Daniyati dan Sugiman. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Verbal, Kemampuan Interpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika (PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 10, Nomor 1, Juni 2015, halaman 50-60) diunduh tanggal 6 Juni 2019.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Fatimah, Siti, dkk. 2015. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul dan Buletin Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Motivasi Berprestasi Siswa (JURNAL INKUIRI ISSN: 2252-7893 Volume 2, Nomor 2) halaman 114-120 dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains diunduh tanggal 18 Desember 2018.

Gunarti, Esa. 2017. Hubungan Antara Kreativitas, Kemampuan Numerik dan Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri Se-Kecamatan Pundong (UNION: Jurnal Pendidikan Matematik Volume 5 Nomor 1, Maret 2017) dalam https://www.researchgate.net/publication/328363491_HUBUNGAN_ANTARA_KREATIVITAS_KEMAMPUAN_NUMERIK_DAN_SIKAP_SISWA_TERHADAP_PELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_KELAS_VIII_SMP_NEGERI_SE-KECAMATAN_PUNDONG/download diunduh pada 18 Desember 2018.

Irawan, A dan Kencanawati. 2016, Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, (Aksioma Vol. 5, No. 2, 2016), hlm. 111 dalam ummetro.ac.id diunduh 18 Desember 2018.

Irawan, Ari. (2015). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4 (1): 46-55.Iskandar (2010)

Kusuma, D.V. dan Budiono. 2015. Kemampuan Verbal, Numerik dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kecamatan Ngemplak (Ekuivalen dalam https://docplayer.info/43386579-Kemampuan-verbal-numerik-dan-prestasi-belajar-matematika-siswa-sd-di-kecamatan-ngemplak.html) diunduh tanggal 18 Desember 2018.

Lidya, Y, dkk. 2017. Pengembangan Karakter dan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Pembelajaran Think Talk Write dipadu Problem Based Learning (Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, EISSN: 2502-471x, Volume 2 Nomor 2 dalam http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8515/4123) diunduh 23 Januari 2019.

Utami, Fajar Novia. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematika Dan Kreativitas Belajar Siswa Smp Se-Kabupaten Wonogiri (Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.2, No.3, Mei 2014 ) hal 260 – 269 dalam http://jurnal.fkip.uns.ac.id diunduh tanggal 19 Desember 2018.

Siregar, R dan Syafari. 2017. Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Think Pair Share di Smp Negeri 1 Tanjung Morawa (JURNAL INSPIRATIF p-ISSN : 2442-8876, e-ISSN : 2528-0475 Volume 3 Nomor 1) dalam https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/view/8887/7735 diunduh tanggal 18 Desember 2018.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirda. 2017. The effect of think talk write (ttw) learning method on the creative thinking ability of the students at primary school (sd) no. 060856 medan, Indonesia. (British Journal of Education Vol.5, No.11, October 2017) pp. 12-28 dalam www.eajournals.org diunduh tanggal 19 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.