PENGARUH PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Indi Syifa Maulidati, Nyoman Dantes, Nyoman Tika

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Science Environment Technology Society terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan rancangan Single Factor Independent Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SD yang tersebar pada gugus II yang berjumlah 204 siswa. Penetapan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes bentuk uraian dan data hasil belajar IPA menggunakan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Science Environment Technology Society dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Science Environment Technology Society dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukan secara simultan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran berpendekatan saintifik berorientasi Science Environment Technology Society dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik.

 

Kata kunci:      kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA, pembelajaran saintifik berorientasi science environment technology society


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afifah, N.A. 2017. Pengembangan LKPD Komik IPA berpendekatan STML Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dan Sikap Peduli Terhadap Lingkungan. “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.”

Agung, A. A. G. 2010. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

BSNP, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Candiasa, I M 2010. Pengujian Instrument Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja : Undiksha Ekspress.

Ennis, R.H. 1985. Goal Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa, A. L. (Ed): Developing Minds: a resourse book for teaching thinking. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Developing (ASCD). 54-57.

Fatchan, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertulis Berupa Penulisan Karya Ilmiah SMA.”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran“. 1(21); 3.

Harahap, A. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Outdoor Study.Tersedia Pada:http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/download/7/9/.Diakses 24 Desember 2018.

Hosnan. M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konntekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koyan, I.W. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Maimunah. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Science Environment Technology And Society (SETS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Formatif“. 2(6): 1.

Sary, Y.N.E. 2015. Evaluasi Pendidikan. Sleman: Deeplubish.

Setiadi, W.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V SD Muhammahdiyah 2 Denpasar. “Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha”. 4(10): 4.

Sudijono, A. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widiani N.L.R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sets Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V.”Jurnal Mimbar PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha“. 2(5): 1

Widiantini, N.N.A.S., dkk. 2017. Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. “Journal of Education Technology”. 2(1): 1.

Wirati, N. A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeSETS (Science Environment Technology And Society) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014. “Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha”: 2(1): 1.

Wisudawati, A. Widi dan Eka, S. 2014. Metodelogi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.