PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIKA

Ni Wayan Sudiasih, Nyoman Dantes, Sariyasa -

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media konkrit terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari disposisi matematika siswa kelas III di Gugus VI Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah design dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD yang ada di Gugus VI Kecamatan Sukawati yang terdiri dari 278 siswa. Sebanyak 40 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data disposisi Matematika dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar Matematika menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah berpendekatan saintifik dengan bantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berpendekatan saintifik. Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematika terhadap hasil belajar matematika. Ketiga, pada siswa yang memiliki disposisi matematika tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Masalah berpendekatan saintifik berbantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti model  pembelajaran konvensional berpendakatan saintifik. Kempat, pada siswa yang memiliki disposisi matematika rendah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Masalah berpendekatan saintifik berbantuan media konkrit dan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berpendekatan saintifik.

 

Kata Kunci: Disposisi Matematika, Hasil Belajar Matematika, Media Konkrit, Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Candiasa, I M. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Kamarianto, Noviana.E dan, Alpusari.M2018. Penerapan Model Pembelajaran Probleam Basad Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Kec. Sinaboi (Jurnal Dillne Mahasiswa, Vol.5, No. 1 dinduh pada http://Jom.uri.ac.id) diunduh tanggal 22 Januari 2019.

Kippatrick, Swafford, dan Findell, (2001). Adding It Up: Helping Children Learn mathematics. National Acdemy Press.

Kurnia, U.,Rifai,H., &Nurhayati.(2015). Efektivitas Penggunaan Gambar Pada Brosur Dalam Modem Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar FisikaKelas SMAN 5 Padang. Pilar of Physics Education,6(3),105-112.

Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Basad Learning). (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/KD-Tasikmalaya/Dindin_Abdul_Muiz_Lidinillah_(KD-Tasikmalaya) 197901132005011003/132313548%20%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Problem%20Based%20Learning.pdf), diakses23 Juni 2015.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan asosiasi antarakemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis. (online). Dikes dari:http://staf.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2012%20LSM%20April%202010%20_Asosiasi%20KPMM%20dan%20Disposisi%20Matematis_pdf.

Rasyid, H dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Royhana, N.S.2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan penyelesaian Matematika Ditinjau dari Efikasi Diri (Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, P-ISSN : 20186-7433,e-ISSN: 2549-5801 diunduh pada htt:// Jurnal UNJK.ac.id) dinduh. Tanggal 28 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.