KESULITAN MEMBACA KATA ANAK DISLEKSIA USIA 7-12 TAHUN DI SEKOLAH SDN 1 SANGSIT KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG BALI

Luh Budiani, AAIN Marhaeni, Ida Bagus Putrayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan :(1) kesulitan membaca kata disleksia (2) kendala-kendala dikelas satu SDN 1 Sangsit yang menjadi penyebab disleksia,(3) upaya-upaya yang dilakukan guru untuk menangani disleksia. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, checklist,wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) terdapat kesulitan-kesulitan membaca kata dikelas satu  seperti  sulit membaca /memproses fonologi sehingga  kurang mampu membaca (decode), mengeja kata (encode), berbicara (syintax) (2)Terdapat kendala-kendala penyebab disleksia yaitu faktor gen (hereditas), lingkungan, cahaya yang mengakibatkan sindrom irlen, kerusakan neorologis, artikulasi (3) terdapat upaya-upaya yang dilakukan guru untuk siswa disleksia seperti   intervensi, toleransi, dispensasi, multisensori, metode gilingham, Clinical teaching, alat bantu seperti buku-buku bergambar, remidial teaching, memperhatikan perkembangan sosial emosional anak agar siswa disleksia tidak mengalami demotivasi belajar dan kefrustasian yang bisa membawanya pada kesulitan-kesulitan lain.


Full Text:

PDF

References


Biklen, Sari Knopp and Casella. 2007. A Practical Guide to Qualitative Dessertation. New York : Teachers College Press

Black,T.1993. Evaluating Social Science Research. London : Sage.

Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education : An Intruduction to theory and Methods.

Bacon: Allyn and Bacon, Inc.

--------1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar ke Teory dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta : Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas / IUC ( Bank Dunia XVII)

---------.2006. Qualitative Reseach for Education: An Intruduction to Theory and Methods . Boston: Person.

Borgantti, Steve.2005. Intruduction to Grounded Theory

.http://www.analytictech.com/mb870/introtoGT.htm

Emsir.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan :Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Dumont,J.J.1994.Dyslexie,theorie,diagnostiek,behandeling,

Rotterdam: Lemniscaat b.v.

Dumont,J.J.1985.Leerstoornissen,Diagnostiek en behandeling,

Deel 1. Rotterdam: Lemniscaat b.v.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.