KESULITAN MEMBACA KATA ANAK DISLEKSIA USIA 7-12 TAHUN DI SEKOLAH SDN 1 SANGSIT KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG BALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan :(1) kesulitan membaca kata disleksia (2) kendala-kendala dikelas satu SDN 1 Sangsit yang menjadi penyebab disleksia,(3) upaya-upaya yang dilakukan guru untuk menangani disleksia. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, checklist,wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) terdapat kesulitan-kesulitan membaca kata dikelas satu seperti sulit membaca /memproses fonologi sehingga kurang mampu membaca (decode), mengeja kata (encode), berbicara (syintax) (2)Terdapat kendala-kendala penyebab disleksia yaitu faktor gen (hereditas), lingkungan, cahaya yang mengakibatkan sindrom irlen, kerusakan neorologis, artikulasi (3) terdapat upaya-upaya yang dilakukan guru untuk siswa disleksia seperti intervensi, toleransi, dispensasi, multisensori, metode gilingham, Clinical teaching, alat bantu seperti buku-buku bergambar, remidial teaching, memperhatikan perkembangan sosial emosional anak agar siswa disleksia tidak mengalami demotivasi belajar dan kefrustasian yang bisa membawanya pada kesulitan-kesulitan lain.
Full Text:
PDFReferences
Biklen, Sari Knopp and Casella. 2007. A Practical Guide to Qualitative Dessertation. New York : Teachers College Press
Black,T.1993. Evaluating Social Science Research. London : Sage.
Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knopp. 1982. Qualitative Research for Education : An Intruduction to theory and Methods.
Bacon: Allyn and Bacon, Inc.
--------1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar ke Teory dan Metode. Terjemahan Munandir. Jakarta : Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas / IUC ( Bank Dunia XVII)
---------.2006. Qualitative Reseach for Education: An Intruduction to Theory and Methods . Boston: Person.
Borgantti, Steve.2005. Intruduction to Grounded Theory
.http://www.analytictech.com/mb870/introtoGT.htm
Emsir.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan :Kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Dumont,J.J.1994.Dyslexie,theorie,diagnostiek,behandeling,
Rotterdam: Lemniscaat b.v.
Dumont,J.J.1985.Leerstoornissen,Diagnostiek en behandeling,
Deel 1. Rotterdam: Lemniscaat b.v.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2695
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.