PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI PADA MATA PELAJARAN IPA SD

PE Sastrika Ayu, AAIN Marhaeni, Putu Budiadnyana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan terhadap instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD. (2) mengetahui design instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD. (3) mengetahui kualitas instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD hasil pengembangan dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di seluruh sekolah dasar gugus 6 Kecamatan Banjar Buleleng Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen keterampilan belajar dan berinovasi sangat dibutuhkan oleh siswa SD. Hal ini dikarenakan kegiatan asesmen sangat  penting  dalam  pembelajaran  untuk mengetahui sejauh mana keterampilan belajar dan berinovasi  peserta  didik, (2) design instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD mengacu pada kriteria secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Ketrampilan berpikir kritis, pemecahan msalah dan kreativitas siswa berupa tes uraian, sedangkan keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berkolaborasi berupa lembar observasi, (3) kualitas Instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi pada mata pelajaran IPA SD hasil pengembangan sudah memenuhi dari aspek validitas, reliabilitas dan kepraktisan.

Kata-kata kunci: pengembangan instrumen asesmen, keterampilan belajar dan berinovasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

General Innovation Skills Aptitude Test 2.0. A product of The Conference Board of Canada’s Centre for Business Innovation. The Conference Board of Canada, 2013.

Kunandar, 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marhaeni, A. A. I. N., & Kusuma, I. P. I. 2017. Analisis Implementasi Asesmen Autentik pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA di Bali. In Seminar Nasional Riset Inovatif ,5: 555-561.

Nurkancana W. 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

OECD. 2003. The PISA 2003 Assessment Framework. Paris: OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2004-12/). Di download pada tanggal 21 Januari 2019

OECD. 2015. PISA 2015 Results. OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12/). Di download pada tanggal 21 Januari 2019

Read Write Read Write Think 2005, Collaborative Work Skills Rubric, International Reading Association/Ncte.

Sekaran, U. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat.Jakarta: Salemba Empat.

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Warsita, B. 2011. Modul: 01 Analisis Kebutuhan Sistem Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Yahya, M. 2018. Era Industri 4.0 Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Tanggal 14 Maret 2018




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.