PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA

NKAS Tri Mahartini, IG Astra Wesnawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas  belajar IPA melalui penerapan strategi Numbered head Together pada siswa kelas IV SD N0 1 Kuwum Tahun Pelajaran 2016/2017 Kecamatan Mengwi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N0 1 Kuwum yang berjumlah 9 orang. Objek penelitian adalah Aktivitas belajar IPA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Observasi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas VI SD NO 1 Kuwum. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap Aktivitas belajar IPA siswa. pada refleksi awal rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 14,7 yang berada pada kategori cukup aktif, meningkat pada  siklus I sebesar 21,55 yang berada pada kategori aktif. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II skor aktivitas belajar IPA siswa secara klasikal sebesar 28,66 yang berada pada kategori sangat aktif. Dengan peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari refleksi awal ke siklus I sebesar 6,85 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,11. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran NHT( Numbered Head Together )dapat meningkatkan Aktivitas belajar IPA Pada siswa kelasVI SD NO 1 Kuwum.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran NHT, Aktivitas Belajar IPA.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogjakarta: BENING.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Januadi, Wawan. 2010. Aktivitas Belajar Siswa. Tersedia pada http://wawanjunaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajarsiswa.html. Diakses tanggal 12 April 2013.

Konsorsium Sertifikasi Guru.2013. Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja.

Muryanto, S. A. 2009. LKS oh LKS. Tersedia pada http://andy.web.id/lks-oh-lks.php. Diakses tanggal 12 April 2013.

Moedjiono, & Moh. Dimyanti. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang

Nurkancana dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rai Kusuma. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan AktivitasBelajar PKN pada Siswa kelas v SD No 3 Sembung Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana.1998. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti Proyek pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sudjana, Nana. 2004.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudana, Kusmariyanti.2013.Pendidikan Ipa Sd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.Singaraja

Sukrama. 2012.Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Sambangan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Trianto.2010.Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta.Bumi Aksara

Agung. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

-------. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Analisis Data dalam PTK). Singaraja: Universitas pendidikan Ganesha.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Teory, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Somantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.