PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SD

Ni Wayan Maretayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi instrumen kemampuan membaca pemahaman dan instrumen kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD serta reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan membaca pemahaman dan instrumen kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini tahap implementation dan evaluation tidak dilaksanakan karena situasi kesehatan masyarakat dengan adanya pandemic Covid-19.  Subjek penelitian ini adalah lima orang expert/judges terdiri dari dua orang dosen ahli dan tiga orang guru. Hasil uji validitas isi dari 30 butir soal instrumen kemampuan membaca pemahaman dengan formula Lawshe CVR mendapatkan CVR ≥ 0,60 sehingga 30 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji coba validitas isi dari 40 butir pernyataan instrumen kecerdasan interpersonal dengan formula Lawshe CVR diperoleh 38 butir pernyataan dinyatakan valid karena CVR ≥ 0,60 sedangkan 2 butir pernyataan dinyatakan tidak valid. Hasil reliabiliatas menurut expert instrumen kemampuan membaca pemahaman dengan KR-20 didapatkan r11= 0,78 sehingga instrumen reliabel. Hasil reliabiliatas menurut expert instrumen kecerdasan interpersonal dengan Alpha Cronbach didapatkan r11 = 0,81 sehingga instrumen kecerdasan interpersonal tergolong kriteria derajat reliabilitas tinggi.

 

Kata kunci: Instrument; Kecerdasan Interpersonal; Membaca Pemahaman


Full Text:

PDF

References


Advani. 2016. “Effect of Interpersonal Intelligence Based Teaching Strategies on Students Academic Achievement”. Jurnal. The International Journal of Indian Psychology. Volume 3, Issue 4, No. 68

Agustini. 2019. “Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik di Sekolah Dasar”. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 10 Nomor 2, Nopember 2019, Halaman :120 – 128

Arikunto, S. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kemdikbud. 2019. “Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas” Tersedia pada: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas (Diakses pada 30 Desember 2019)

Kosasih. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Lawshe, C.H. 1975. A Quantitative Approach to Content Validity. A paper presented at Content Validity, a conference held at Bowling Green, State University. July 18, 1975, h. 567

Mariadeni, K. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV”. Jurnal. Pendasi. Vol.2 No 1, Pebruari 2018 ISSN: 2613-9553

Meliyawati. 2018. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish

Monawati. 2015. “Hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan Prestasi Belajar”. Jurnal Pesona Dasar PGSD Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.3, April 2015, hal 21 – 32, ISSN: 2337-9227

Prastowo, A. 2015. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI.Jakarta: Prenadamedia Group.

Said, A dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group

Septiawan, D. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Multiple Intelligence Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Masters Thesis, Universitas Lampung.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta

Sumira. 2017. “Pengaruh Metode Scramble terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kecerdasan Interpersonal Siswa SD”. Jurnal. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 1, No. 2 (2017) 70-76 ISSN: 2597-4866

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wardani, Dyah Kusuma. 2019. Pengembangan instrumen evaluasi membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X melalui cerita rakyat berlatar belakang kearifan lokal Tanah Melayu. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Zuchdi, D. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.