PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD

Luh Putri Mas Septari

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen penilaian kemandirian belajar dan hasil belajar IPA siswa sebagai upaya mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian.Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Pengembangan instrumen kemandirian belajar dan hasil belajar IPA siswa ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap utama yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengembangan instrumen penilaian hanya dilakukan pada tahap development. Hasil diperoleh bahwa dari hasil validasi ahli dan praktisi untuk 40 item pertanyaan kemandirian belajar dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar IPA dari 30 item soal dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi.

 

Kata kunci: Hasil Belajar IPA; Instrumen Penilaiaian; Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Rosda

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Cheung, Lawrence. 2016. Using The ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation.

Depdiknas, 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur. Balitbang Depdiknas.

E, Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 54 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Lawshe, C. H.. (1975). A Quantitive Approach to Content Validity. Purdue University: Personnel Psychology, Inc. Hlm. 563-575.

Molenda, M. 2003. In Search Of The Ellusive ADDIE Model. Pervormance Improvement, 42 (5) , 34 – 36. Submitted For Publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technology: An Encyclopedia.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Alfabeta.

Permendikbud No 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Model Assesmen Pembelajaran. Surakarta: Yumas.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.