PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME SOSIOKULTURAL TERHADAP CURIOSITY DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS R.A.KARTINI DENPASAR BARAT

Ni Putu Amrita Widiasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV (empat) SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020 yang terletak di Kecamatan Denpasar Barat. Jumlah siswa dalam populasi ini adalah 378 orang siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini yakni kelompok eksperimen adalah SD Negeri 19 Pemecutan kelas C, sedangkan kelompok kontrol adalah SD Negeri 19 Pemecutan kelas A. Data curiosity siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural secara simultan terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat.

 

Kata kunci: Curiosity; Hasil Belajar IPA; Model Discovery Learning Berorientasi

                   Konstruktivisme Sosiokultural


Full Text:

PDF

References


Konsep Dasar IPA. Yogyakarta: Ombak.

Anderson, L.W., and Krathwohl, D (Eds.) 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Dantes. 2014. Landasan Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu

----------. 2017. Pedagogik Dalam Perspektif. Singaraja: Undiksha Press.

Fathurrohman, dkk. 2017. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Ilmi Al Idrus, S.M. 2020. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter”(halaman 137-146). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kemendikbud. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Novelyya, Siska. 2019. “Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi”(halaman 174-181). Jurnal Riset dan Konseptual. Jambi: Universitas Jambi.

Septiasari, P. 2020. “Pengaruh model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V”(halaman 85-93). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suastra,I.W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sunardi, dkk. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Pedagogik Mata Pelajaran: Guru Kelas SD. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Uno, H.B. dan Nurdin Mohamad. 2013. Belajar dengan Pendekatan Paikem : Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.