PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS STEM DENGAN PENUGASAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS VIII MENGWI

I Putu Gede Sutharyana Tubuh Wibawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan partisipasi orang tua dan hasil belajar IPA secara parsial maupun simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain single factor independent groups. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus VIII Mengwi sejumlah 255 siswa. Sebanyak dua kelas yang terdiri dari 50 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Data partisipasi orang tua dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan dan MANOVA satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi orang tua dan hasil belajar IPA secara parsial maupun simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Aplikasi Whatsapp; Hasil Belajar; Inkuiri; Partisipasi Orang Tua; STEM


Full Text:

PDF

References


Afriana, J, dkk. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2 (2), 2016, 2002-212. (Online) http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8561. Diakses 21 Juni 2019.

Asmuniv. 2015. Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM Upaya Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Memiliki Pengetahuan Interdisipliner dalam Menyongsong Kebutuhan Bidang Karir Pekerjaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Published on Friday, 15 Mei 2015. (Online) www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/ listrikelektro/1507-asv9. Diakses 21 Juni 2019.

Blackley, S., dkk.. 2018. Indonesian Primary Students with STEM. Issues in Educational Research, 28(1), 18-42.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Chayati, Nirmala, dkk. 2018. Design and Validation of STEM-based Lesson Plan to Empowering Student’s Critical Thinking Skill in Stoichiometry. 5th ICRIEMS Proceedings Published by Faculty Of Mathematics And Natural Sciences Yogyakarta State University, ISBN 978-602-74529-3-0 (2018).

Fathoni, A, dkk. STEM: Inovasi dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 17, No. 1, Januari 2020 P-ISSN : 0216-3241 E-ISSN : 2541-0652.

Firman, H. 2015. Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peranan Riset Pascasarjana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana. Bogor: Universitas Pakuan.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Herjinda, Windha dan Mukhlis. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI SMAN 2 Mageta. UNESA Journal of Chemical Education Vol. 4, No. 2 , pp. 325-332, May 2015.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 2, Juni 2017

Kaniawati, D. S., dan Suwarma, I. K. I. R. 2015. Study Literasi Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. 39.

Kemdikbud. 2016. Seri Pendidikan Orang Tua Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2017. Pendidikan Keluarga. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiri, Ahmad. 2019. Meta Analysis Study: Effect of STEM (Science Technology Engineering and Mathematic) towards Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 9, No. 1 Maret 2019.

Marheni, Ni Putu, dkk. 2014. Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Sains SMP. (e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4 Tahun 2014).

Maulana, dkk. 2015. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi ke-2). Sumedang: UPI Sumedang Press.

Muliastrini, N. K. E. 2020. New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4 No 1, Pebruari 2020 ISSN: 2613-9553.

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Septiani, A. 2016. Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Engineering, Matematika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 654-659 hlm. (Online), (https://publikasiilmiah.ums.ac.id /bitstream/handle/11617/7985/96.pdf?sequence=1), diakses 21 Juni 2019.

Septiasari, P., dkk. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4 No 1, Pebruari 2020 ISSN: 2613-9553.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyarti, dkk. 2018. Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/download/10184/6600/. Diakses tanggal 22 Juni 2019.

Suwarma, dkk. 2015. “Baloon Powered Car” sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Tias, Ika. 2017. Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Volume 1, Dwika Cendikia. Jurnal Riset Pedagogik.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.