ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS III TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian muatan pelajaran pada empat komponen pembelajaran di sekolah dasar kelas III tema energi dan perubahannya Kurikulum 2013 yaitu materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, serta rancangan media dan sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dari buku guru dan buku siswa. Metode analisis data yang digunakan diantaranya pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran dengan klasifikasi integrasi multidisipliner memiliki presentase 90,6% berkategori sangat baik. Kedua, terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan klasifikasi integrasi multidisipliner memiliki presentase 94,7% berkategori sangat baik. Ketiga, terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian dengan klasifikasi integrasi intradisipliner memiliki presentase 88% berkategori baik. Keempat, terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar dengan klasifikasi integrasi intradisipliner memiliki presentase 98,6% berkategori sangat baik.
Kata kunci: Integrasi Intradisipliner; Integrasi Multidisipliner; Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A. Gede. 2016. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Anwar Novianto dan Ali Mustadi. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan. Vol. 45. No. 1. Hlm. 1-15
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asep Herry Hernawan dan Novi Resmini. 2015. Pembelajaran Terpadu (Tematik). Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI.
Chumdari, Anitah, S., Budiyono, Suryani, N. 2018. Implementation of thematic instructional model in elementary school. International Journal of Educational Research Review, Vol. 3. No. 4. Hlm. 23-31
Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan: Tinjauan Dari Segi Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Graha Ilmu
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media
Goldston, M.J & Downey, J. 2013. Your Science Classroom: Becoming an Elementary School Science Teacher. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press
Huber & Hutchings. 2008. Integrative Learning: Mapping The Terrain International. Journal for The Scholarship Of Teaching & Learning. Vol. 2. No.1. Hlm. 14-20.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013. Kompetensi Dasar SD/MI. Versi Maret 1.
Kusniyah, Lailatul. 2019. Integrasi Muatan Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Tematik Kelas I MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Latifah, Nuraini. 2018. Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 2. Hlm. 1-17
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Moh. Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Novianto dan Mustiadi. 2015. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol. 45. No. 1. Hlm. 1-15
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press
Rahmawati, Eka. 2019. Kesiapan Guru Kelas Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Di SD Negeri Graulan Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 20. No. 2. Hlm. 175-182
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA Dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusnawarni. 2019. Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik. Madah, Vol. 5. No. 2. Hlm. 171-186
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.