PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri dalam satu gugus pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 203 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 6 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 7 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD, 2) terdapat pengaruh hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD, dan 3) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA yang signifikan secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe carousel feedback dengan model konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV.
Kata kunci: Hasil Belajar IPA; Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Carousel Feedback
Full Text:
PDFReferences
Adiwiguna, P.S. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PENDASI. Volume 3, No. 2, Agustus 2019.
Azizah, Hani Nur. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. 2016. Sumedang: Program Studi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah. Volume 1, No. 1, 2016.
Dadri, P.C.W. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PENDASI. Volume 3, No. 2, Agustus 2019.
Heriyanto. 2016. Penerapan Model Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal JPH Universitas Negeri Malang, Volume 1, No. 1, 2016.
Jayanti, D. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PENDASI. Volume 1, No. 2, Agustus 2017.
Julaifah, Nurul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Elementary FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram, Volume 2, No. 2, Juni 2019.
Kagan, S & Kagan, M. 2009. Kagan Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.
Kemdikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Mahardita. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Undiksha, Volume 5, No. 2, 2017.
National Education Association. (n.d.). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.”, http://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-Four-Cs.pdf (diakses tanggal 31 Mei 2019).
OECD. 2016. PISA 2015 Results In Focus what 15-year-olds know and what they can do with what they know. Tersedia pada www.oecd.org/pisa. Diakses tanggal 1 Juni 2019.
Pertiwi, Muspratiwi. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Volume 3, No.1, Januari 2018.
Rohani, Ni Made. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Undiksha, Volume 15 Nomor 2, Juni 2018.
Septiasari, P. 2020. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PENDASI, Volume 4, No. 1, Februari 2020.
Suantara. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Undiksha, Volume 9, No. 2, 2019.
Sudana, dkk, 2010. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Susanti, Evi. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Margorejo VI Surabaya. Surabaya: Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Jurnal Bioedusiana, Volume 4, No. 1, 2019.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Trilling, B dan Fadel, C. 2009. 21st Century Skills, Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.
Udiani, Ni Ketut. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dengan Mengendalikan Keterampilan Proses sains Siswa Kelas IV SD No. 7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Singaraja: Undiksha. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Undiksha, Volume 7, No. 1, 2017.
DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:
Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.