PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD

Yande Tersa Sulaksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA dan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen dengan mengadaptasi model 4-D oleh Thiagarajan, memiliki 4 tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pengembangan instrument hanya dilakukan hingga tahap pengembangan (develop), mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Metode analisis data yang digunakan pada uji validitas adalah uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA menggunakan rumus KR-21 sedangkan uji reliabilitas untuk kemandirian belajar menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian diperoleh adalah terwujudnya produk instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA untuk 40 butir soal dinyatakan valid diperoleh adalah 1,00 dan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,99. Sedangkan untuk instrumen kemandirian belajar 30 butir pertanyaan yang sudah memenuhi kriteria valid sebesar 1,00, dan reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,86.

 

Kata kunci: Kemandirian Belajar; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi IPA


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: Arevision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, N.P.N. 2019. “Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3 No 1 Pebruari 2019 ISSN: 2613-9553.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Lailly, Nur Rochmah dan Asih Widi Wisudawati. 2015. “Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013”. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kaunia Vol. XI No. 1, April 2015/1436: 27-39 ISSN 1829-5266 (print) ISSN 2301-8550 (online).

Lawshe, C H. A Quantitative Approach To Content Validity. A paper presented at Content Validity, a conference held at Bowling Green, State University. July 18, 1975, h. 567.

Ningzaswati, et al. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 5.

Sugianti, L. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Menanya dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No 1 Pebruari 2018 ISSN: 2613-9553.

Sumatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Putri Media.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.