DETERMINASI KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI MASA KERJA GURU SD GUGUS 1, 2, DAN 3 DI KECAMATAN MANGGIS

Ni Nengah Sudarmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas proses pembelajaran dilihat dari masa kerja guru sebelum dan sesudah mengendalikan kompetensi pedagogik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik terhadap kualitas proses pembelajaran pada guru sekolah dasar Gugus 1,2 dan3, Kecamatan Manggis.Populasi dalam penelitian ini adalah153  guru  sekolah  dasar  di Gugus 1,2, dan 3  Kecamatan  Manggis.  Sampel dikelompokkan ke dalam periode kerja <6 tahun, 6-10 tahun dan > 10 tahun dan setiap periode terdiri dari 16 orang. Peneliti ini, menggunakan jenis angket tertutup untuk mengali informasi mengenai kompetensi pedagogik,obervasi untuk menggali kualitas pengelolaan proses pembelajaran, dan masa kerja guru diukumpulkan dengan metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA, ANACOVA satu jalan, analisis regresi dan determinasi.

 

Kata kunci: Guru; Kualitas Pembelajaran; Masa Kerja; Pedagogik


References


Amyana, A. M., Dantes, N., Suarni, K. 2014 “ Korelasi Antara Disiplin Kerja Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus DI SLB N PTN Jimbaran “ E-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 5 Tahun 2014).

Armstrong, T. 2011. The Best Schools Mendidik Siswa Menjadi Insan Cendiakawan. Lovely dan Mursid widjanarko. 2006. Bandung: Kaifa.

Ary H. Gunawan (2000) Sosiologi Pendidikan Jakarta. Rnik Cipta

Candiasa, I. M. 2010. Statistik Univarian Bihariat Disertai Aplikasi SPSS. Undiksha Press.

Chofar, M.A. 2016. Pelaksanaan Quantum Teching Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar.

Dahar, R. W. 2011.Teori Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Erlangga.

Danim, S . 2003. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Erlangga

Dantes, N. & Marheni, A. A. I. N. 2012. Kurikulum Berbasis Kompetensi (implementasi dalam Perencanaan Pembelajaran, dan Evaluasi). Singaraja: Undiksha.

Dantes, N. 2008. ”Supervisi Akademik Dalam Kaitannya Dengan penjaminan Mutu Pendidikan”. Makalah Disampaikan pada Diklat Pengawas Guru Agama di Kodya Denpasar.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Dantes, N. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Singaraja: Undiksha.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Edie. E .Y. 2008 . Pengaruh Motivasi Terhadap Peningkartan Kinerja.

Gagne, R. M. 1990. Buku Petunjuk Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. Terjemahan Munandir. 1977. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas untuk Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Internasional. Proyek Pengembangan Pusat fasilitas Bersama Antar universitas/IUC ( Bank Dunia XVII).

Hadi, S. 2015. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Janawi. (2011). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Khofiatun., Akbar, S., Ramli, M. 2016. “ Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar” E-Jurnal Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang (Volume 1 Nomor. 5 Bulan Mei Tahun 2016).

Maulinar. 2015. “Kompetensi Guru Dalam Memotivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara” E-Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syah Kuala (Volume 3, No 1, Februari 2015).

Mulyasa, E. 2008 . Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novauli, M. F. 2015 “Kompetensi Guru Dalam Rangka Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh” E-Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala ( Volume 3, No. 1, Februari 2015).

Nurhamidah,S., Dantes, N., Lasmawan, I. W. 2014. “Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pendampingan Pada Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Guru-Guru Kelas 1 Dan IV”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014)..

Putra , G. W., Marheni, A. A. I. N. 2013.” Kontribusi Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar IPS” E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Progaram Studi Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013)..

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Sunhaji, 2014. ” Kualitas Sumber Daya Manusia ( Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru )”. E – Jurnal Kependidikan Universitas sebelas Maret Surakarta Dosen Pascasarjana dan Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.

Tafqihan, Z., Suryanto. 2014. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Komitmen Profesional Dan Dampaknya Pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika SMP Dan MTS”. E-Jurnal Riset Pendidikan Matematika, STAIN Ponorogo, Universitas Negeri Yoyakarta ( Volume 1,Nomor 2, November 2014)

Unifah, R., dkk. 2014. Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2014, Buku 3 Pedoman Penyusunan Portofolio. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Konsorsium Sertifikasi Guru.

Usman, M. U. 2001. Menjadi Guru Profesinal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, N. 2007. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Bandung:Mutiara Ilmu

Wijaya (1991) Kemampuan dasar Guru dalam Proses belajar mengajar. PT Remaja Rosta Kary




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.