PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN TEMA 8 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

I Made Suarjana

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; (2) mengetahui reliabilitas menurut validator instrumen kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; (3) mengetahui validitas isi instrumen sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD; (4) mengetahui reliabilitas menurut validator instrumen sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada tahap define, menyusun kisi-kisi instrumen kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Pada tahap design, kisi-kisi tersebut dijabarkan menjadi butir instrumen. Pada tahap develop, dilakukan uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR) dan uji reliabilitas oleh validator. Untuk menguji instrumen kemampuan berpikir kritis menggunakan rumus KR20 sedangkan instrumen sikap peduli lingkungan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis melibatkan dua orang dosen ahli dan tiga orang rekan guru kelas IV yang berperan sebagai validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen kemampuan berpikir kritis dengan bentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir soal dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai = 0,74. Hasil instrumen sikap peduli lingkungan dengan bentuk angket yang terdiri dari 30 butir pernyataan dinyatakan valid dan reliabilitas dengan nilai r11 = 0,8.

 

Kata kunci : Instrumen; Kemampuan Berpikir Kritis; Sikap Peduli Lingkungan


Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Indikator Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2014 (Hasil Survei Ekonomi Nasional 2014, Modul Ketahanan Sosial). Jakarta: Badan Pusat Statistik

CNBC Indonesia. 2019. Sebegini Parah Ternyata Masalah Sampah Plastik di Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190721140139-33-86420/sebegini-parah-ternyata-masalah-sampah-plastik-di-indonesia diakses pada 19 Oktober 2019 pukul 21:30

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. 2006. Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 2006, 17(2),

Ennis, R.H. 1996. Critical thinking dispositions: Their nature and assessability. Informal Logic, 18(2),

Ennis, R.H. 2011. “The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities”. Diakses dari http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000

Fisher, A. 2008. Berpikir kritis. Jakarta : Erlangga.

Fitri, A. Z. 2012. Pendidikan Karakter berbasis Nilai Etika di Sekolah. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Frijters, S., Dam, G., & Rijlaarsdam, G. 2008. Effects of dialogic on value-loaded critical thinking. Learning and Instruction (Vol. 18).

Lestari, Seni., dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Buleleng”. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 2 (1)

Mardapi, D. 2007. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan NonTes. Yogyakarta: Mitra Cendika Press

Mukti, T. S., dan Istiyono, E. 2018. “Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir KritisPeserta Didik SMA Negeri Mata Pelajaran Biologi Kelas X”. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 11, Nomor 2. Halaman 105-110.

Nadhifah, Ismun Nisa. 2012. “Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif dan Karakter pada Pembelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta’. Diunduh dari journal.uin-suka.ac.id pada tanggal 19 Oktober 2019

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. 2007. Educational assesment of student (6th ed). New York Pearson Merrill prentice Hall.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2016

Pradana, S. D. S, dkk. 2017. “Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Optik Geometri Untuk Mahasiswa Fisika”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 21(51-64)

Saheri, dkk. 2017. “Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Larutan Penyangga”. JISE 6 (1)

Thiangarajan S., Semmel D., & Semmel M. I. 1974. Intructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Central for Innovation on Teaching the Handicaped. Minnesota

Widayat, Widi, dkk. (2017). “Pembentukan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan Berbantuan Scaffolding”. JISE 6 (1)




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.