PENGARUH LITERASI BERBICARA TIPE CONCEPT SONG BERBASIS LAGU ANAK TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS VII SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Putu Sri Purnama Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi berbicara tipe Concept Song berbasis lagu anak terhadap minat baca dan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III SD Negeri gugus VII Sukawati tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan jenis desain eksperimen yaitu rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III Gugus VII Kecamatan Sukawati yang terdiri dari 172 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik random sampling yang telah dilakukan didapatkan bahwa kelas III SD Negeri 2 Singapadu sebagai kelompok eksperimen dan kelas III SD Negeri 3 Singapadu sebagai kelompok kontrol. Data minat baca siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan literasi berbicara tipe concept song berbasis lagu anak terhadap minat membaca siswa kelas III SD Negeri Gugus VII Sukawati, 2) terdapat pengaruh yang signifikan literasi berbicara tipe concept song berbasis lagu anak terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Gugus VII Sukawati, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan simultan literasi berbicara tipe concept song berbasis lagu anak terhadap minat membaca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Gugus VII Sukawati.

 

Kata kunci: Concept Song; Hasil Belajar; Literasi; Minat Baca


Full Text:

PDF

References


Atmaja, Komang Adi Kusuma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Consept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2018/2019. E-Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Vol 7 No 2.

Candiasa, I M. 2011. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha

DePorter, Bobby, Mark Reardon dan Sarah Singer – Nourie. 2010. Ed. 2, cet. ke –. 1. Quantum Teaching. Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Murniati, Endyah. 2012. Pendidikan dan Bimbingan Anak Kreatif. Surabaya: Pedagogia.

Novitasari, Ni Kadek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Bermuatan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha Volume 5 Nomor 2.

Seriadi, Ni Luh Nyoman. 2018. Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. E-Jurnal Pratama Widya Vol 3 No 1.

Sutrisna, Irvan, dkk. 2019. Pengaruh Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. E-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Nomor 4.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.