PENGARUH METODE LATIHAN DAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN TERHADAP THROW IN SEPAKBOLA

I Wayan Mahardika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Perbedaan pengaruh metode latihan dan daya ledak otot lengan terhadap throw in sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan mengunakan desain Treatment by level 2x2. Sampel berjumlah 40 orang ditentukan dengan katagori daya ledak otot lengan tinggi dan rendah. Teknik analisis data menggunakan anava 2 jalur pada taraf signifikansi 0,05. Instrumen penelitian menggunakan throw in test untuk mengukur tes keterampilan throw in. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan medicine ball scoop toss dan medicine ball throw terhadap throw in dengan signifikansi 0,001, Terdapat perbedaan pengaruh pada peserta yang memiliki daya ledak otot lengan terhadap throw in dengan signifikansi 0,012, Terdapat perbedaan pengaruh pada peserta yang memiliki daya ledak otot lengan rendah terhadap throw in dengan signifikansi 0,018, dan Terdapat interaksi antara metode latihan dan daya ledak otot lengan terhadap throw in dengan signifikansi 0,001.

Kata Kunci : Daya Ledak Otot Lengan; Metode Latihan; Throw In Sepakbola


Full Text:

PDF

References


Arsil. (2010). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Wineka Media: Malang

Ariani, Luh Putu Tuti. 2011. “Pengaruh Pelatihan Menarik Katrol Beban Lima Kg Terhadap Daya Ledak Otot Lengan Pada Siswa Ekstrakurikuler Bulutangkis Siswa SMK-1”. Thesis. Denpasar: Program Pascasarjana Unud.

Candiasa, I Made. 2004. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja

Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Fauzia, Yuniko Febby Husnul. 2013. Hubungan Indeks Masa Tubuh Dan Usia Dengan Kadar Asam Urat Pada Remaja Pra-Obese Dan Obese Di Purwokerto.

Furqon H, M dan Muchsin Doewes. 2002. Pliometrik: untuk meningkatkan power. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Guyton, A.C., Hall, J.E. 1996. Fisiologi Kedokteran (terjemahan). Jakarta:Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Hidayat, dkk. 2012. “Perbedaan Pengaruh Latihan Medicine Ball Scoop Toss Dengan Latihan Medicine Ball Throw Terhadap Power Otot Lengan Bahu Pada Tim Bolavoli Putri Sman Olahraga Provinsi Riau”.

Ismaryati. 2008. Tes dan Pengukuran Olahraga. Cetakan 2. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS.

Januar, Andri. 2012. “Dampak Penerapan Pelatihan Komplex Training Terhadap Peningkatan Kemampuan Speed”.

Nala, Ngurah. 2002. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Bali.

Setijono, dkk. 2001. Instruktur Fitness. Surabaya: Unesa University Press.

Sucipto, dkk. (2000). Olahraga Pilihan: Sepakbola. Jakarta : Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sudiana, I Nyoman, 2012. Makalah Pengembangan Pendidikan Dasar di Era Globalisasi. Singaraja : Program Pascasarjana Pendas Undiksha.

Sukirno, 2014. Kemampuan Lemparan Ke Dalam Pada Sepakbola.

Sukradati, Putu. Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Pada Sd Negeri Di Kecamatan Sukasada. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Undiksha Vo. 3 Tahun 2013.

Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suratmin, 2016. Penerapan Metode Pelatihan Pliometrik dalam Meningkatkan Power Otot Tungkai Atlet PPLM Bali. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/6500/4898. (diakses pada tanggal 11 Oktober 2019).

-------, 2018. Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Widiani. A.A Oka, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Undiksha Vol. 4 No. 1 Tahun 2020.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.