PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS V SD

Putu Dara Mangku Rila Cahya

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan guna menghasilkan instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Instrumen kemampuan numerik disusun berdasarkan dimensi serta indikator kemampuan numerik yang terdiri dari perhitungan secara matematis, berpikir logis, pemecahan masalah, dan mengenali pola-pola numerik serta hubungan-hubungannya sedangkan instrumen hasil belajar matematika disusun berdasarkan kompetensi dasar dan  indikator  yang berkaitan dengan materi pengolahan data. Instrumen disajikan dalam bentuk tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal dengan 4 pilihan jawaban. Kerangka konsep pengembangan instrumen mencakup tahapan analisis kebutuhan, analisis teoritik, menyusun kisi-kisi, mengimplementasikan kisi-kisi menjadi butir soal, dan validasi. Model pengembangan yang diimplementasikan adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Disebabkan karena masa pandemic Covid-19, maka tahap  dissemination yang mana seharusnya dilakukan validasi lapangan tidak bisa dilakukan. Proses validasi instrumen dilakukan berupa  uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR), dan uji reliabilitas oleh expert  dengan menggunakan rumus KR20. Tim expert melibatkan 3 orang dosen ahli dan 3 orang guru kelas V.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh butir soal pada instrumen kemampuan numerik memiliki validitas isi dengan nilai CVR = 0,67, CVI = 0,67 dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai  = 0,85. Hasil instrumen hasil belajar matematika juga memiliki validitas isi dengan nilai CVR = 0,67 dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai  = 0,81.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika; Kemampuan Numerik


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irawan, Ari. 2014. “Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika”. Jurnal Formatif, 4(1), (hlm46-55)

Jayantika Trisna I G A N, dkk. 2013. “Konstribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2. Diakses pada tanggal 20 Maret 2020.

Kurniyanthi, dkk. 2019. “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Kemampuan Numerik pada Siswa Kelas III SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volume 3 No.1 Pebruari 2019. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020.

Malenda, dkk. 2018. “Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 6 No. 3 September 2018. Diakses pada tanggal 22 Maret 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah dan Masri Kuadrat. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep PembelajaranBerbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2010.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.