PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI HUMANISTIK DAN HASIL BELAJAR IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI DAN KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS V SD

Ni Kadek Ardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen literasi humanistik dan instrumen hasil belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita, Kompetensi Dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa di Bumi dan Kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD yang valid dan reliable. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D dari Thiagarajan (1974) yaitu define, design, develop dan disseminate. Metode analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Uji validasi konten kedua instrumen dihitung menggunakan formulasi CVR dari Lawshe (1975). Sedangkan uji realibilitas judges oleh expert literasi humanistik dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji realibilitas judges oleh expert intrumen hasil belajar IPA dihitung menggunakan rumus KR-20.  Hasil penelitian menunjukan (1) Literasi humanistik dinyatakan valid dengan koefisien bergerak antara 0.75-1,00 (2) Hasil belajar IPA dinyatakan valid dengan koefisien bergerak antara 0.75-1,00 (3)Literasi humanistik dinyatakan reliabel dengan koefesien reliabilitasnya 0.746 (kategori tinggi). (4) Hasil belajar IPA dinyatakan reliabel dengan r11= 0,752 atau r11 ≥ 0,70 (kategori tinggi).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan instrumen literasi humanistik dan instrumen hasil belajar IPA telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.

 

Kata kunci: Instrumen Hasil Belajar IPA; Instrumen Literasi Humanistik


Full Text:

PDF

References


Anas, Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada (Rajawali perss).

Anderson. L.W&David. Krathwohl. 2010. Terjemahan. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Putaka Pelajar.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosda Karya

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP

Dantes, Nyoman 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

-------.2017.Desain Eksperimen dan Analisis Data. Singaraja: Undiksha Press.

Fraenkel, J.C., Wallen, N.E., Hyun, H.H., 2012. How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Mc Graw Hill.

Guilford.1973. Fundamental Statistics in Psychology and Education. Third Edition. Tokyo: Kogakusha Company Ltd.

Harususilo, Yohanes Enggar. 2018._Menristek: Mahasiswa Harus Kuasai Literasi Baru, Apa Saja? https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/17/22471971/menristekmahasiswa-harus-kuasai-literasibaru-apa-saja

Hendryadi.2017.” Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB):Fakultas Ekonomi UNIAT.Vol.2, No.2, Juni 2017: 169 – 178, ISSN 2527 - 7502

Ibda, Hamidulloh. “Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar”, Jurnal SHAHIH, Vol 2, Nomor 2, Juli-Desember 2017, hlm. 203.

Lawshe, C. H.1975. “A Quantitative Approach to Content Validity”. Journal of Personnel Psychology: Purdue University. Pages 563-575.

Muliastrini.2020.”New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21”.Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha dalam Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol.4 No.1, Pebruari 2020 ISSN:2613-9553

Partnership for 21st Century Skill (P21). (n.d.).2015. “ P21 Common Core Toolkit”.Retrieved Desember 20, 2015, from P21 Partnership for 21st Century Skill: http://www.p21.org/our-work/resources/1005-p21-common-coretoolkit diakses 04 Oktober 2019,14:10

Ristekdikti. (2018, May). “Pengembangan IPTEK dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.” Ristekdikti.Go.Ig.https://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/01/17/era-revolusi-industri-4-0-perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia/

Rozak, A. (2018, January). “Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Uinjkt.Ac.Id.https://www.uinjkt.ac.id/id/perlunya-literasi-baru-menghadapi-era-revolusi-industri-4-0/

Sastrika Ayu,PE.2018. “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi Pada mata Pelajaran IPA SD”. Singaraja: Pendidikan Sains Universitas Pendidikan Ganesha dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia Vol: 02 DO -10.23887/jpdi.v2i2.2696 diunggah 30Agustus 2018 pada esearchgate.net/publication/335603586_PENGEMBANGAN_INSTRUMEN_ASESMEN_KETERAMPILAN_BELAJAR_DAN_BERINOVASI_PADA_MATA_PELAJARAN_IPA_SD

Suastra,I.W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Trilling, B. dan Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.