PENGARUH PELATIHAN PASSING GIVE-GO DAN LINGKARAN PINBALL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DAN KETEPATAN SHOOTING SEPAKBOLA.

Gung Mas Galih Angkasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) perbedaan pengaruh pelatihan give- go  dengan lingkaran pinball terhadap keterampilan passing dan ketepatan shooting pada peserta ekstrakurikuler, 2) perbedaan pengaruh pelatihan give and go  dengan kelompok control terhadap keterampilan passing dan ketepatan shooting pada peserta ekstrakurikuler, 3) perbedaan pengaruh pelatihan lingkaran pinball dengan kelompok control terhadap keterampilan passing dan ketepatan shooting pada peserta ekstrakurikuler. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan mengunakan desain faktorial 2x2. Sampel berjumlah 45 orang ditentukan dengan teknik ordinal pairing. Teknik analisis data menggunakan manova taraf signifikansi 0,05. Instrumen penelitian menggunakan tes shooting untuk mengukur keterampilan shooting dan tes passing untuk mengukur tes keterampilan passing. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan passing give-go dan lingkaran pinball terhadap keterampilan passing dan Shooting pada peserta sepakbola dengan nilai sig (0.913) > α (0,05),dan nilai sig shooting (2.78) > α (0,05), 2) Adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan passing give-go dan kelompok control terhadap keterampilan passing dan Shooting pada peserta sepakbola sig nilai sig (0.042) > α (0,05),dan nilai sig shooting (0.005) < α (0,05), 3)  Adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan lingkaran pinball dan kelompok control terhadap keterampilan passing dan Shooting pada peserta sepakbola nilai sig (0.04) > α (0,05),dan nilai sig shooting (0.042) < α (0,05).

 

Kata Kunci : Keterampilan Passing; Metode Latihan; Shooting Sepakbola


Full Text:

PDF

References


Bompa Tudor O. & G. Gregory Haff. 2009. Periodization Theory and Methodology of Training. Australia: Human Kinetics.Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: C.V. Tambak Kusuma.

Candiasa, I Made. 2004. Statistik Multivariat Disertasi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja

Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Hadisasmita, Yusuf dan Syarifuddin, Arif. 1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggim.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: C.V. Tambak Kusuma.

Irianto, Djoko Pekik. 2002. Dasar-Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: Perpustakaan FIK Universitas Yogyakarta.

Ismaryati. 2008. Tes dan Pengukuran Olahraga. Cetakan 2. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS.

Kurniawan, Febi. Dkk. 2014.Pengembangan Model Latihan Plyometrics Untuk Meningkatkan Power Otot Pemain Sepakbola Usia 14-16 Tahun Kementrian Pemuda dan Olahraga R.I, Volume 16, Nomor 2 (hlm.119).

Luxbacher, Joseph. 2004. Sepak Bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mielke, Danny. 2007. Dasar-Dasar Sepak Bola. Bandung: Pekan Raya.

Nala, Ngurah. 1998. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Program Pascasarjana Program Studi Fisiologi Olahraga Universitas Udayana.

Nurhasan. 2001. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani Prinsip-Prinsip Dan Penerapannya. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga.

Setijono, dkk. 2001. Instruktur Fitness. Surabaya: Unesa University Press.

Subardi. 2007. Olahraga Kegemaranku Sepakbola. Klaten: PT Intan Pariwara.

Sucipto, dkk. (2000). Olahraga Pilihan: Sepakbola. Jakarta : Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto dan Muluk, Dangsina.2011. Pengantar Teori dan Metodelogi Melatih Fisik.Bandung: CV. Lubuk Agung.

Sukadiyanto.2005. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Tom Fleck dan Ron Quinm. 2002. Panduan Latihan Sepak Bola Handal. United States of America: Ragged Mountain Press.

Trihendradi, C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistic Menggunakan SPSS 19 Deskriptif Parametrik Non Parametrik. Yogyakarta. Andi Yogyakarta

Yasin, Sanjaya. 2012.Teknik Heading Dalam Sepakbola Pengertian Jenis. Tersedia pada http://www.sarjanaku.com/2012/02/teknik-heading-dalam-sepak-bola.html (diakses pada tanggal 7 agustus 2018 )

Widianinggar dkk. 2002. Ketahuilah Tingkat Kebugaran Jasmani Anda. Dendiknas. Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Widiastuti. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta Timur: PT. Bumi Timur Jaya.




DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPI JPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.