PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA MEMPERBAIKI POROS PENGGERAK RODA UNTUK KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGER 1 NUSA PENIDA

KETUT WIDISILA ., Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd ., Drs. I Made Kirna,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar multimedia untuk memperbaiki poros penggerak roda dalam proses pembelajaran kooperatif, sebagai media komunikasi dan guna meningkatkan tingkat penguasaan materi siswa, dengan mengkaji pemanfaatan bahan ajar multimedia dalam proses pembelajaran kooperatif sebagai sebuah sistem teknologi terpadu dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian pengembangan, dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan Model Dick & Carey. Produk yang dihasilkan berupa sebuah perangkat lunak, yang dilengkapi dengan metode Software Development Live Cycle (SDLC) dengan Waterfall-bassed Model.
Hasil tanggapan siswa untuk uji coba dilapangan memperlihatkan bahwa siswa memberikan tanggapan baik sekali 78%, baik 22%. Hasil rata-rata skor seluruh responden, yaitu 64,45 yang terletak pada rentang nilai baik sekali. Untuk melihat tingkat keefektifan dari hasil pengembangan ini dilakukan pra eksperimen tanpa kelompok kontrol. Pretest dan posttest dilaksanakan terhadap kompetensi. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t memberikan hasil signifikan dengan taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : pengembangan produk, multimedia interaktif, dan hasil belajar, kemampuan posedural

This present study aims to develope a multimedia instruction material in cooperative learning process, as the communication media as well as improving students’mastery of the material, through the analysis of the implementation of multimedia in cooperative learning process as a technology of cooperative learning system. There would be an implementation of Dick & Carey’s Model. The product of this research and development is a software, supported by Software Development Live Cycle (SDLC) method and Waterfall-bassed Model.
As result, the response of the student regarding to he software field trial showed that the they gave very good response in the amount of 78 %, good 22. Based on the above results, it would be concluded that there was a significant difference in case of students’ material mastery, before and after the treatment of Service For the reason of measuring the effctivenes level of the development research, researcher conducted pre-experiment without controlling group, pretest and post-test which were conducted regarding to basic competences. The t-test result showed that significance having amount 0,05.

keyword : product development, multimedia interactive, learning achievement and procedural competence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v4i1.1076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: