PENGARH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

NI NYOMAN MARSI ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom ., Drs. I Made Kirna,M.Si .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diadakan pengendalian pengaruh kovariabel kemampuan abstraksi. Eksperimen dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bangli pada siswa kelas VII semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group, dengan teknik random digunakan untuk memilih empat kelas sebagai sampel penelitian yaitu dua kelas siswa mengikuti model pembelajaran tipe STAD dan dua kelas lainnya mengikuti model pembelajaran konvensional dengan jumlah sampel 104 siswa. Data kemampuan abstraksi dan prestasi belajar matematika dikumpulkan melalui hasil tes kemampuan abstraksi dan prestasi belajar matematika yang dikembangkan dan dibuat peneliti. Masing-masing tes sudah diuji validasi isi dengan nilai baik, valid, memiliki reliabilitas sangat baik, dan tingkat kesukaran sedang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara analisis varians dua-jalur. Melalui analisis varians dua-jalur diperoleh hasil bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dengan nilai Fhitung=15,54 lebih besar dari Ft (α=0,05) = 4,22. Selanjutnya setelah diadakan pengendalian pengaruh kemampuan abstraksi melalui analisis varians dua-jalur diperoleh hasil bahwa tidak berpengaruh secara signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan abstraksi terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fhitung = 0,04 lebih rendah daripada Ft (α=0,05) = 4,22. Hal ini berarti kemampuan abstraksi ikut mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Sesuai temuan diatas dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan pengendalian kemampuan abstraksi terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran yang diterapkan terhadap prestasi belajar matematika siswa, akan tetapi setelah diadakan pengendalian kemampuan abstraksi tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran yang diterapkan terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar, dan Kemampuan Abstraksi

This study was aimed at comparing the effect of two learning models, namely STAD Type Cooperative Learning Model and Conventional Learning Model upon mathematics achievement of students before and after controlling the effect of abstraction covariable competence. The experiment was conducted with year VII students of SMP Negeri 1 Bangli in the academic year 2012/2013. To select four classes as the sample, the study employed post-test only control group with random sampling, two classes were teated with STAD Type Cooperative Learning Model and the other two with Conventional Model with the sample of 60 students. Abstraction competence data were collected using a test which was developed by the researcher and students’ achievement data were obtained through achievement test conducted by the researcher. Hypothesis testing was executed by means of two-tailed analysis of variance. Through this analysis, it was obtained that the students’ mathematics achievement with STAD Type Cooperative Learning Model was better that with the Conventional Model (Fobs = 15. 54 >F_(t(α=0.05))=4.22). Then, after controlling the effect of abstraction competence through two-tailed analysis of variance, it was obtained that there was no significant effect of the learning model with abstraction competence upon mathematic learning achievement (Fobs= 0. 40 keyword : STAD Type Cooperative Learning Model, Learning Achievement, and Abstraction Competence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v4i1.1086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: