Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Memperbaiki Sistem Transmisi di SMK

I KADEK MULIASTAWAN ., Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd ., Drs. I Made Kirna,M.Si .

Abstract


Penelitian ini lakukan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan memahami konsep, dan keterampilan mengaplikasikannya untuk memperbaiki sistem transmisi. Penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalence Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan memperbaiki transmisi manual yang signifikan, antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung (Fhitung=32,534; p<0,05). Ada perbedaan yang signifikan tentang tingkat pemahaman konsep memperbaiki sistem transmisi, antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran langsung (Fhitung=50,197; p<0,05) dengan LSD = 5,845;  = 21,550. Juga terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan memperbaiki transmisi antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis proyekdan pembelajaran langsung (Fhitung= 18,377; p<0,05) dengan LSD = 4,86;  = 10,834. Dari ketiga temuan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan memperbaiki sistem transmisi manual di kalangan siswa SMK
Kata Kunci : Model Pembelajran, Pemahaman Konsep, Keterampilan aplikatif

This study was conducted to analize the effect of project based learning model toward concept comprehension and ability to perform them to revise the manual transmition. This study was using Nonequivalence Pretest-Posttest Control Group design. The result of the study showed that there was significance difference of concept comprehension and applicative skill in revising manual transmition between students which follow project based learning model and students which follow direct instructional model (Fhitung = 32.534; p<0.05). There was also significance difference about the level of concept comprehension in revising transmition system between students which follow project based learning model and students which follow direct instructional model (Fhitung = 50.197; p<0.05) with LSD = 5.845; = 21.550. There was also significance different about applicative skill in revising transmission between students which follow project based learning model and students which follow direct instructional model (Fhitung = 18.377; p<0.05) with LSD = 4.86;  = 10.834. Based on the findings, it can be concluded that project based learning model has significant effect towards the students’ concept comprehension and applicated skill in revising manual system transmission on vocational education students
keyword : learning model, concept comprehension, applicative skill

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v5i1.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: