PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN BAKAT KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

I KETUT AGUS ARTHA ., Prof. Dr. I Wayan Santyasa,M.Si ., Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif dan bakat kinestetik terhadap prestasi belajar teknik dasar passing bola volly. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Busungbiu tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 240 orang. Sampel kelas diambil dengan cara simple random sampling. Jumlah sampel adalah 4 kelas yang terdiri dari 145 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes prestasi belajar yang berbentuk lembar observasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis kovarians (ANACOVA) faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar teknik dasar passing bola volly antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD), (F=15,803;p<0,05) prestasi belajar teknik dasar passing bola volly siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dari model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD), (2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar teknik dasar passing bola volly siswa yang memiliki bakat kinestetik tinggi dan siswa yang memiliki bakat kinestetik rendah (F=11,630p<0,05) siswa yang memiliki bakat kinestetik tinggi memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki bakat kinestetik rendah, dan (3) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran kooperatif dan bakat kinestetik terhadap prestasi belajar teknik dasar passing bola volly, (F=56,599;p<0,05).
Kata Kunci : model pembelajaran, bakat kinestetik, prestasi belajar

This study aimed at describing the influence of cooperative learning model and kinesthetic talent on the student’ achievement of the basic technique of passing the volley ball. The study was a quasi-experimental with a pretest-posttest-non-equivalent-control group design. The population consists of 7 classes with 240 students. Sample was taken 4 classes with simple random sampling. The data was collected through questionnaire and test of learning achievement by observation sheet form. The data that got are processed by using covariant analysis (ANACOVA) 2x2 factorial. The result showed that: (1) there was a significant difference of student’ achievement of the basic technique of the volley ball that significant between them learned in the Group Investigation (GI) compared with Teams Achievement Devision (STAD), (F=15,803;p<0,05), where in learning achievement of the basic technique of passing the volley ball that followed Group Investigation (GI) was better than Student Teams Achievement Devision (STAD) learning model, (2) there was a significant difference student’ achievement of the basic technique of passing the volley ball in which students who have high kinesthetic talent and low kinesthetic talent (F=11,630;p<0,05), where students who have high kinesthetic talent have a better effect than the students who have low kinesthetic talent, and (3) there was an interactive effect the student’ effect between the cooperative learning model and kinesthetic talent learning on achievement of the basic technique of passing the volley ball, (F=56,599;p<0,05).
keyword : learning model, kinesthetic talent, learning achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jtpi.v5i1.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia indexed by: